Slide 1

Berita BPPSPAM > Sinergi Pemerintah dan Pemda Realisasikan SPAM KPBU Kota Bandar Lampung


Selasa, 26 Juni 2018, Dilihat 929 kali

"Kami harap pembangunan kontruksi proyek SPAM KPBU Bandar Lampung dapat segera selesai sehingga pada tahun 2021 warga Kota Bandar Lampung dapat segera menikmati air minum yang lebih mudah, sehat, dan murah, " kata Staf Ahli Menteri Bidang Investasi dan Kerjasama Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Mochamad Natsir dalam sambutannya pada acara Peletakan Batu Pertama SPAM Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU) Kota Bandar Lampung di Kota Bandar Lampung, Senin (25/06/18).

Hadir juga dalam acara tersebut, Walikota Bandar Lampung, Menteri Bappenas diwakili oleh Kepala Subdirektorat Rancang Bangun I, Direktorat Kerjasama Pemerintah Swasta dan Rancang Bangun, Kementerian Perekonomian diwakili oleh Kepala Bidang Pendayagunaan Sumber Daya Air, Asisten Deputi Infrastruktur Sumber Daya Air, Ketua BPPSPAM, Dirut PDAM Way Rilau, Kota Bandar Lampung,Direktur Pengembangan Proyek & Advisory PT. Sarana Multi Infrastruktur (SMI), Dirut PT. Adya Tirta Lampung, dan Sekda Kota Bandar Lampung.

Natsir menyatakan bahwa SPAM Kota Bandar Lampung merupakan proyek strategis nasional di bidang air minum yang berhasil karena adanya kerjasama sinergis dari Pemerintah daerah dan Pemerintah Pusat. Dia berharap model kerjasama ini dapat direplikasi oleh daerah lain untuk mewujudkan pembangunan infrastruktur di bidang air minum sehingga target pelayanan 100 persen cakupan air minum dapat segera terwujud.

Dengan Peletakan Batu Pertama ini maka proses pembangunan konstruksi sudah dapat dimulai dan diharapkan selesai tahun 2020. Nantinya setelah pekerjaan konstruksi selesai, diharapkan Proyek SPAM Kota Bandar Lampung kapasitas 750 liter/detik ini dapat segera beroperasi dan melayani 300.000 jiwa penduduk atau 60.000 Sambungan Rumah di 8 Kecamatan di wilayah Kota Bandar Lampung.

Walikota Bandar Lampung, Herman Hasanusi menyampaikan terima kasih atas dukungan yang telah diberikan oleh berbagai pihak untuk menyukseskan pembangunan SPAM KPBU Kota Bandar Lampung dengan nilai investasi sebesar Rp 1,268 triliun. Untuk mendukung Proyek SPAM KPBU Kota Bandar Lampung, Pemerintah Kota Bandar Lampung memberikan dukungan sebesar Rp. 150 miliar untuk pembangunan jaringan distribusi selama 5 tahun anggaran.

Untuk mempercepat proses terwujudnya skema KPBU, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Badan Peningkatan Penyelenggaraan SPAM (BPPSPAM) dan Direktorat Penyediaan Air Minum, Ditjen Cipta Karya bersinergi dengan Kementerian Keuangan melalui PT. Sarana Multi Infrastruktur sejak awal secara aktif mendampingi PDAM Kota Bandar Lampung untuk melaksanakan fasilitasi Pendampingan Penyiapan dan Transaksi Kerjasama.

Sedangkan untuk memenuhi besaran tarif air minum SPAM Kota Bandar Lampung yang terjangkau bagi masyarakat, Kementerian Keuangan memberikan Dukungan Kelayakan (VGF) sebesar Rp 258,8 M dan Kementerian PUPR melalui Ditjen Cipta Karya juga memberikan Dukungan Konstruksi berupa Pembiayaan dan pembangunan pipa Jaringan Distribusi Utama sistem gravitasi.

Selain itu juga dukungan perizinan dan penempatan pipa di Ruang Milik Jalan (Rumija) Jalan Nasional dari Desa Relung Helok Kecamatan Natar Kabupaten Lampung Selatan oleh Ditjen Bina Marga, dan perizinan untuk konstruksi bangunan intake dan penerbitan Surat Ijin Pengambilan dan Pemanfaatan Air Permukaan (SIPPA) dari Ditjen Sumber Daya Air.

Sementara itu, Ketua BPPSPAM, Bambang Sudiatmo berpesan, selain pembangunan infrastruktur secara fisik, diperlukan juga pengembangan kelembagaan, manajemen, keuangan dan kebijakan di bidang pelayanan air minum sehingga PDAM dapat mewujudkan pelayanan air minum prima kepada masyarakat menuju keadaan yang lebih baik dan sejahtera.(el/Irn)



‚Äč