Slide 1

Berita BPPSPAM > DPRD dan BPPSPAM Dorong PDAM Kabupaten Cirebon Tingkatkan Kinerja


Rabu, 30 Mei 2018, Dilihat 177 kali

DPRD Kabupaten Cirebon Jawa Barat berkomitmen mendukung PDAM untuk meningkatkan layanan air minum kepada masyarakat. Dalam rangka melakukan konsultasi untuk meningkatkan kinerja PDAM Kabupaten Cirebon, DPRD melakukan kunjungan ke kantor Badan Peningkatan Penyelenggaraan Sistem Penyediaan Air Minum (BPPSPAM) pada Senin (28/05/18).

Ketua DPRD Komisi II Kabupaten Cirebon, Cakra Rohandi menyampaikan bahwa tujuan kunjungan DPRD adalah untuk mengetahui kinerja PDAM Kabupaten Cirebon dan mendapatkan masukan dari BPPSPAM untuk meningkatkan pelayanan air minum PDAM kepada masyarakat. Kunjungan diterima oleh Anggota BPPSPAM Unsur Pemerintah, Kepala Bagian Pelayanan Informasi dan Kerjasama, Advisor BPPSPAM dan Kepala Bagian Perencanaan dan Pelaporan BPPSPAM.

Anggota BPPSPAM Unsur Pemerintah, Eko Wiji Purwanto menyampaikan bahwa sebagai pemilik PDAM, Pemerintah Daerah (Pemda) harus memberikan dukungan kepada PDAM. “Dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, PDAM harus mendapatkan dukungan dari Pemda sebagai  penanggung jawab penyelenggaraan air minum di daerah” kata Eko.

Disampaikan juga bahwa berdasarakan hasil penilaian kinerja PDAM Tahun 2017 yang dilakukan BPPSPAM, PDAM Kabupaten Cirebon merupakan PDAM kategori Sehat dengan nilai 2,89.  Untuk dapat meningkatkan kinerja, PDAM harus memperbaiki nilai indikator yang masih rendah seperti perbaikan dalam menangani tingkat kehilangan air yang masih tinggi dan memperbaiki kompetensi sumber daya manusia (SDM)nya.

Untuk dapat meningkatkan kinerja PDAM, DPRD dapat mulai menyarankan DPRD untuk membuat Rencana Bisnis (Bussines Plan) yang disesuaikan dengan Rencana Induk Sistem Penyediaan Air Minum (RISPAM) Daerah.

Kepala Bagian Perencanaan dan Pelaporan BPPSPAM, Hosen Utama menyampaikan untuk memperbaiki tingkat kehilangan air yang masih tinggi, PDAM dapat mulai melakukan penggantian meter air. Sedangkan untuk meningkatkan kompetensi SDMnya, sebaiknya PDAM meningkatkan jumlah pelatihan untuk pegawainya.

BPPSPAM berharap DPRD dapat mendorong dan mendukung Pemerintah Daerah untuk memberikan masukan kepada PDAM  sehingga pelayanan air minum kepada masyarakat dapat meningkat.