Slide 1

Berita Sekretariat Jenderal > Pusdatin Gelar Workshop Fasilitasi Portal Web Terbaru Kementerian PUPR


Selasa, 10 April 2018, Dilihat 1560 kali

Jakarta – Pusat Data dan Teknologi Informasi (Pusdatin) kembali melakukan perubahan pada Portal Web Kementerian PUPR agar tercapai keselarasan antara seluruh website di Kementerian PUPR. Perubahan dilakukan dengan memperhatikan beberapa aspek, diantaranya adalah informasi yang akan disampaikan, target pengunjung, dan aturan yang berlaku. Pusdatin telah menyiapkan pula template website yang dapat digunakan oleh unit organisasi maupun unit kerja di Kementerian PUPR untuk mengembangkan website-nya masing-masing.

Untuk memberikan gambaran yang utuh terkait perubahan portal web tersebut, Pusat Data dan Teknologi Informasi (Pusdatin) Kementerian PUPR kembali menyelenggarakan workshop Konsultasi Pengelolaan Sistem Informasi dan Teknologi Informasi dalam rangka mengembangkan dan memfasilitasi Portal Web terbaru Kementerian PUPR.

"Dengan semakin pesatnya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi saat ini, informasi mempunyai beragam media untuk menyalurkannya. Website merupakan salah satu media penyampaian informasi yang sangat berperan penting khususnya di lingkungan Kementerian PUPR," ucap Kepala Pusat Data dan Teknologi Informasi Ignatius Wing Kusbimanto yang diwakili oleh Kepala Bidang Infrastruktur Teknologi Informasi dan Sistem Informasi Julianti Handayani.

Julianti mengatakan saat ini informasi telah menjadi kebutuhan pokok bagi masyarakat. Hak untuk memperoleh informasi merupakan hak asasi manusia. Keterbukaan informasi publik merupakan salah satu ciri penting negara demokratis yang menjunjung tinggi kedaulatan rakyat untuk mewujudkan penyelenggaraan negara yang baik. "Hal ini telah diatur melalui Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik," kata Julianti.

Pelaksanaan kegiatan workshop dilanjutkan dengan praktikum panduan penjelasan materi portal web oleh peserta dengan dipandu oleh petugas dari Pusdatin. Panduan materi instalasi dan konfigurasi web server dilakukan sesuai spesifikasi yang diperlukan untuk menjalankan template website yang sudah disiapkan oleh Pusdatin yaitu paket aplikasi web server dan database management system atau server lokal.

Pelaksanaan workshop Konsultasi Pengelolaan Sistem Informasi dan Teknologi Informasi dilaksanakan sesuai Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor 17 Tahun 2016 tentang Penyelenggaraan Teknologi Informasi dan Komunikasi di Kementerian PUPR. Dengan terselenggaranya workshop ini, diharapkan pengunaan portal web dapat bermanfaat dan diterapkan di unit kerja masing – masing direktorat lingkungan Kementerian PUPR sebagai sarana penyebaran informasi melalui media website.