Slide 1

Berita Sekretariat Jenderal > Workshop ITSM Sebagai Penyedia Layanan Teknologi Informasi Unit Organisasi Kementerian PUPR


Selasa, 10 April 2018, Dilihat 946 kali

Jakarta - Pusat Data dan Teknologi Informasi (PUSDATIN) Kementerian PUPR menyelenggarakan Workshop Information Technology Service Management (ITSM) pada 22 Maret 2018 di Jakarta. Workshop ITSM ini terselenggara dalam rangka menyelaraskan antara penyedia layanan Teknologi Informasi (TI) dengan kebutuhan bisnis unit organisasi, sehingga mampu memberikan layanan TI lebih efektif serta efisien.

"Pelaksanaan workshop ini bertujuan untuk meningkatkan pengelolaan Data dan Teknologi Informasi. Fokus pelaksanaannya memberikan layanan prima kepada para penggunanya yaitu Unit Organisasi di lingkungan Kementerian PUPR," ucap Kepala Bidang Integrasi Data dan Layanan Teknologi Informasi PUPR Dwi Budi Utami yang mewakili Kepala Pusat Pusat Data dan Teknologi Informasi.

ITSM berfokus pada proses, tidak memperdulikan detail penggunaan produk suatu pemasok tertentu atau detail teknis suatu sistem yang dikelola, melainkan berfokus pada upaya penyediaan kerangka kerja untuk menstrukturkan aktivitas yang terkait dengan TI dan interaksi antara personil teknis TI dengan pengguna teknologi informasi. ITSM merupakan suatu solusi manajemen yang berkaitan dengan ketersediaan infrastruktur TI, dan digunakan untuk meningkatkan kualitas layanan TI di lingkungan unit organisasi Kementerian PUPR.

"Langkah nyatanya setiap unit organisasi pun akan dapat dengan mudah membuat perencanaan (forecasting) pelayanan TI kedepan, termasuk juga dalam mengambil berbagai keputusan yang lebih dinamis," kata Budi Utami.

Workshop ITSM akan memberikan keuntungan dan membantu unit organisasi di Kementerian PUPR dalam mencapai tujuan strategis.

Narasumber pemaparan materi workshop ITSM Hogan Koesnadi Liem juga menambahkan ruang lingkup dari workshop ITSM ini meliputi Information Technology Infrastructure Library Framework, Siklus Layanan TI, Strategi Layanan TI, Perencanaan Pelayanan, Desain dan Operasi Pelayanan dan Metrik Pelayanan. Bagian-bagian yang menjadi siklus layanan TI adalah Service Strategy, Service Design, Service Transition, Service Operation, dan Continual Service Improvement (CSI).

"Manajemen sumber daya yang lebih baik, dapat meningkatkan waktu pemasaran untuk produk dan layanan baru, serta meningkatkan pengambilan keputusan dengan optimalisasi resiko pada suatu unit organisasi," tutupnya. (*)