Slide 1

Berita PUPR > CPNS Formasi 2017 Mengikuti Presidential Lecture dari Presiden Joko Widodo


Rabu, 28 Maret 2018, Dilihat 9 kali

Jakarta (27/03) – Presiden RI Joko Widodo mengucapkan selamat bekerja dan mengabdi bagi generasi muda Indonesia yang lolos seleksi dan terpilih menjadi CPNS 2017 dihadapan 5.165 CPNS dalam Presidential Lecture yang diselenggarakan di Istora Gelora Bung Karno, Jakarta (Selasa,27/03). Kementerian PUPR juga mengirimkan 253 wakil CPNS nya. Bersatu Dalam Harmoni Menuju Birokrasi Berkelas Dunia Tahun 2024, adalah tema besar yang diangkat. Presiden Joko Widodo mengingatkan para Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun seleksi 2017 agar selalu memiliki rasa ingin tahu dalam rangka meningkatkan kompetensi dan kapabilitas mereka sebagai pelayan masyarakat. “Birokrat-birokrat muda harus kepo terhadap ilmu pengetahuan dan dinamika dunia, baik dari aspek sosial, ekonomi, dan politik. Jangan hanya kepo terhadap mantan pacar saja”, ucap Jokowi seraya mengundang tawa satu Istora Senayan

Dilaporkan Menpan RB Asman Abnur, formasi CPNS yang dibuka pada tahun 2017 sejumlah 37.138 di 62 kementerian/lembaga dan 1 provinsi dengan total pelamar mencapai 2,4 juta lebih. Artinya seluruh CPNS yang lolos seleksi ini adalah putra/putri bangsa terbaik dari yang terbaik. Sebagai orang-orang terpilih, lanjut Jokowi, para CPNS memiliki tanggung jawab yang besar dalam hal menghormati hukum dan ketertiban sosial serta menjunjung tinggi etika dan sopan santun. “Saudara-saudara menjadi sosok istimewa bagi bangsa kita".

Presiden Jokowi juga berpesan kepada para CPNS sebagai calon birokrat agar melayani masyarakat dengan prima. Terlebih saat ini Indonesia sedang menjalankan Reformasi Birokrasi. Sehingga masyarakat dapat terpuaskan dengan pelayanan yang baik dan tidak berlarut-larut. Jokowi memberi contoh mengenai pengurusan izin yang memakan waktu berminggu-minggu semasa ia menjabat sebagai Gubernur, sehingga membuatnya jengkel. Dan ia berharap hal tersebut kedepannya tidak terulang lagi.

Acara Presidential Lecture ini pun diikuti oleh CPNS Kementerian PUPR yang tengah mengikuti Pelatihan Dasar secara serentak di 4 Balai Diklat PUPR yaitu di Jakarta, Bandung, Yogyakarta, dan Surabaya, serta yang tengah mengikuti Diklat Bela Negara di Rumpin, Bogor.

Setelah menyaksikan Presidential Lecture tersebut, Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia, Lolly Martina Martief, melalui video conference menekankan kembali pesan-pesan Presiden kepada para CPNS yang tengah mengikuti Latsar di 4 Balai Diklat. “Setiap perijinan yang dilakukan pusat bisa dilakukan dalam waktu yang cepat sesuai dengan arahan Presiden. Tidak bertele-tele. Dan melalui pelatihan ini diharapkan menjadi sosok PNS yang luar biasa. Saya berharap para CPNS total dalam menjalani seluruh kegiatan hingga selesai”.

Dari 998 CPNS Kementerian PUPR Formasi 2017, saat ini 280 orang CPNS sedang mengikuti Pelatihan Dasar, 240 orang CPNS sedang mengikuti Diklat Bela Negara, dan sisanya menjalani On the Job Training (OJT) di masing-masing Unit Organisasi. (Datin BPSDM)