Slide 1

Berita Ditjen Cipta Karya > Direktur KIP Kunjungi TPA dan SPAM Regional Banjarbakula


Minggu, 04 Maret 2018, Dilihat 1253 kali

Direktur Keterpaduan Infrastruktur Permukiman (KIP) Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Dwityo A. Soeranto melakukan kunjungan kerja ke lokasi SPAM Regional dan TPA Regional Banjarbakula (Banjarmasin, Banjarbaru, Banjar, Batola, Tanah Laut) di Provinsi Kalimantan Selatan, beberapa waktu lalu.
 

SPAM Regional Banjarbakula memiliki kapasitas 250 liter/detik dan sudah mulai beroperasi sejak serta sudah terbentuk UPTD pipa untuk transmisi ke Tanah Laut dan Kabupaten Banjar, juga telah  dipasang melalui dana APBD dan sudah termanfaatkan.

Sementara untuk TPA Regional Banjarbakula masih dalam tahap pembangunan secara multiyears dan akan berakhir pada bulan November tahun 2018 ini. Dwityo mengharapkan agar pembangunan TPA seluas 15,8 Ha yang mampu menampung sampah dengan kapasitas 200 ton/hari atau setara dengan 350.000 jiwa ini selesai tepat waktu dan dapat langsung dikelola oleh UPTD yang sudah dibentuk oleh Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan.

Sementara, Kasatker Pengembangan Sistem Penyehatan Lingkungan dan Permukiman Provinsi Kalimantan Selatan Patmo Suryo Wiharto menjelaskan saat ini progress pembangunan sudah mencapai 38% dengan uraian pekerjaan 4 block landfill, bangunan kantor, garasi, pos jaga, jembatan timbang, gerbang, cuci kendaan, pekerjaan jalan operasi landfill dan drainase serta pagar keliling. (Hrd Kalsel/ari)



‚Äč