Slide 1

Berita BPSDM > Kepala BPSDM Memberikan Arahan ke CPNS PUPR Formasi 2018


Rabu, 14 Februari 2018, Dilihat 91 kali

Jakarta (14/02) – Dalam masa orientasi CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil) di Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) setiap unit organisasi diminta untuk memberikan arahan kepada para CPNS yang jumlahnya sekitar 900-an. Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) mendapat kesempatan untuk berbagi mengenai manajemen SDM PNS di Kementerian PUPR (Selasa, 13/2). Pada sesi pertama, arahan diisi oleh Kepala BPSDM-Lolly Martina Martief yang didampingi oleh Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan Jalan, Perumahan, Permukiman, dan Pengembangan Infrastruktur Wilayah-Siti Bellafolijani Adimahardja selaku moderator.

“Saya ucapkan selamat sebelumnya kepada para CPNS yang diterima di Kementerian PUPR ini. Tapi ingat, yang masuk ini tidak cukup pintar-pintar saja. Tapi juga (mempunyai) sifat yang kompetitif, berdaya saing tinggi, berintegritas, kompeten, dan inovatif. Ini penting”, demikian disampaikan oleh Kepala BPSDM mengawali paparannya.

Para CPNS seyogyanya bangga terpilih menjadi pegawai di Kementerian PUPR setelah melewati tahapan yang cukup panjang dengan saingan yang jumlahnya ribuan. Kebanggaan tersebut selayaknya diikuti dengan kesadaran dan tanggung jawab untuk bekerja keras serta mengabdi dengan tulus kepada nusa dan bangsa selaku aparatur negara. Oleh karena itu, melalui kegiatan orientasi ini para CPNS diharapkan dapat merefleksikan jati diri selaku unsur aparatur negara sekaligus abdi masyarakat yang baik.

Sebagai abdi negara yang dituntut dapat melayani masyarakat secara optimal sesuai dengan Reformasi Birokrasi, PNS dituntut bekerja secara profesional dan penuh keikhlasan serta utamakan totalitas dalam bekerja meski harus pulang di luar jam bekerja. Terlebih setelah moratorium dalam penerimaan PNS yang berlangsung cukup lama. Maka diharapkan dengan diterimanya CPNS formasi 2018 di Kementerian PUPR mendapatkan regenerasi yang mampu bekerjasama guna tercapainya visi dan misi infrastruktur untuk negeri.

Lolly menambahkan,”Kalau sudah jadi PNS, karena sekarang kan baru CPNS ya, baru calon pegawai negeri sipil. Nanti jangan bekerja yang biasa-biasa saja. Selalu berpikir harus ada nilai tambah dalam setiap pekerjaan yang dilakukan. Jangan jadul (jaman dulu), jangan terjebak rutinitas. Harus kreatif!” Kepala BPSDM pun mengharapkan orientasi ini dapat menjadi bekal untuk mengawali peran para CPNS sebagai pegawai Kementerian PUPR.

Selain arahan dari Kepala BPSDM, pada hari itu juga diberikan paparan dari Kepala Pusdiklat Jalan, Perumahan, Permukiman dan PIW mewakili Plt. Sekretaris BPSDM mengenai Peran BPSDM dalam Penyelenggaraan Infrastruktur PUPR Nasional dan Kebijakan Pengembangan SDM PUPR, dan Kepala Pusdiklat Manajemen dan Pengembangan Jabatan Fungsional memberikan paparan mengenai Jabatan Fungsional PUPR. Sedangkan Kepala Pusat Penilaian Kompetensi dan Pemantauan Kinerja memberikan paparan mengenai Manajemen Karir dan Manajemen Kinerja. Setiap sesi pemaparan ditutup dengan tanya jawab antar peserta. (Rz)



‚Äč