Slide 1

Berita BPPSPAM > BPPSPAM dan DPRD Dukung PDAM Mojokerto Tingkatkan Kinerja


Rabu, 31 Januari 2018, Dilihat 16 kali

Dalam rangka mendukung peningkatan kinerja PDAM, Komisi II DPRD Kota Mojokerto, Jawa  Timur  melakukan kunjungan ke kantor Sekretariat Badan Peningkatan Penyelenggaraan Sistem Penyediaan Air Minum (BPPSPAM) pada Senin (29/01/2018). Kunjungan diterima oleh Plt. Anggota BPPSPAM unsur Pemerintah, Ir. M Aulwai Dzin Nun Msc  didampingi oleh Advisor BPPSPAM, Ir. Budi Sutjahjo, MT dan Drs. Rifqi Basrie, MSi serta tim teknis  dari Bagian Dukungan Teknis.

Perwakilan Komisi II, Sony Basoeky menyampaikan bahwa tujuan dilakukan kunjungan adalah mendapatkan informasi terkait kinerja PDAM Kota Mojokerto dan rencana pembentukan peraturan daerah terkait pemanfaatan air bawah tanah (ABT).

Aulawi menyampaikan bahwa kinerja PDAM Kota Mojokerto masuk dalam kategori kurang sehat dengan nilai kinerja 2,57. Dari 18 indikator penilaian kinerja, terlihat bahwa efektifitas penagihan dan tingkat penyelesaian pengaduan kepada PDAM sudah bagus namun sayangnya tingkat kehilangan air masih diatas 45 persen dan tarif yang berlaku belum memenuhi tarif biaya pemulihan penuh/Full Cost Recovery (FCR).

“Meskipun efektifitas penagihannya bagus, namun karena PDAM masih jual rugi tentu saja pendapatannya tidak akan meningkat,”ujar Aulawi.

Aulawi menyampaikan bahwa BPPSPAM sangat mendukung rencana DPRD untuk membuat peraturan daerah terkait pemanfaatan air tanah dengan syarat PDAM dapat meningkatkan pelayanannya kepada masyarakat .

Untuk memperbaiki kinerja PDAM, Aulawi menyarankan agar PDAM melakukan penanganan kehilangan airnya terlebih dahulu sehingga air yang terselamatkan dapat dipakai untuk menambah cakupan pelayanan dan pendapatan dapat ditingkatkan. Selain itu, DPRD Kota Mojokerto juga dapat membantu meningkatkan kinerja PDAM dengan cara mengusulkan kepada Pemda agar PDAM dapat menerapkan tarif FCR.  (el/Elz)