Upacara Hari Bakti PUPR ke-77, Menteri Basuki: Jaga Kepercayaan Publik dan Kredibilitas

Upacara Hari Bakti PUPR ke-77, Menteri Basuki: Jaga Kepercayaan Publik dan Kredibilitas

763 52 Print

Jakarta - Dalam rangka memperingati Hari Bakti PUPR ke-77, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyelenggarakan upacara Peringatan Hari Bakti Pekerjaan Umum ke-77 dengan tema, “77 Tahun Bakti PUPR Sigap Membangun Negeri” di Lapangan Sapta Taruna, Kementerian PUPR, Sabtu (3/12).

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono yang bertindak sebagai Inspektur Upacara mengatakan bahwa dalam memperingati Hari Bakti PUPR ke-77, insan PUPR harus terus menjaga kepercayaan publik. 

“Satu hal yang dapat kita rasakan dari berbagai upaya yang telah kita lakukan adalah semakin besarnya kepercayaan publik kepada kita. Upaya membangun kepercayaan tersebut tidak lahir dari upaya sesaat, tetapi merupakan buah dari kerja keras dan upaya perbaikan terus menerus. Jaga kepercayaan publik, sekali kita berselingkuh dengan kepercayaan akan menjadi sangat berat untuk mengembalikan kepercayaan itu. Jaga logo PUPR, jaga nama baik instansi, jaga kredibilitas yang dipercaya masyarakat,” kata Menteri Basuki.

Dalam sambutannya, Menteri Basuki juga menyampaikan pencapaian Kementerian PUPR dalam menjalankan penugasan khusus dari Presiden RI Joko Widodo untuk mendukung beberapa agenda internasional di tanah air. Mulai dari dukungan Presidensi Indonesia dalam KTT G20 di Bali, Renovasi TMII, Penataan Kawasan Labuan Bajo dalam menyambut ASEAN Summit 2023, serta Penataan Kawasan Mandalika dalam penyelenggaraan event MotoGP 2022. 

Di samping itu, Kementerian PUPR pun terus melanjutkan pembangunan infrastruktur yang menjadi program strategis dan prioritas nasional, seperti Bendungan, Jalan Tol, Irigasi, Sistem Penyediaan Air Minum dan Program Satu Juta Rumah pada tahun 2022.

“Kita akan segera menyelesaikan 9 bendungan, 167 km jalan tol baru pada 13 ruas dapat kita operasikan, 75 ribu hektar jaringan irigasi baru, dan 230 ribu hektar rehabilitasi jaringan irigasi dapat kita tuntaskan. Selain itu, 3 SPAM besar akan segera difungsikan, dan 7 Pos Lintas Batas Negara (PLBN) akan segera dibuka. Pembangunan rumah, baik rumah susun, rumah khusus, maupun rumah swadaya dan dukungan prasarana-sarana utilitas untuk rumah bersubsidi juga telah mendekati target 1 juta rumah,” terang Menteri Basuki.

Peringatan Hari Bakti PUPR ke-77 ini juga merupakan momentum bagi seluruh keluarga besar Kementerian PUPR untuk terus meningkatkan nilai-nilai dan semangat untuk menjaga kekompakan, disiplin, militansi, pengabdian, dan sportivitas dalam bekerja. Dalam kesempatan ini, Menteri Basuki mengapresiasi kinerja seluruh insan PUPR serta seluruh mitra kerja yang membantu pelaksanaan pekerjaan infrastruktur.

“Sekali lagi saya ucapkan terima kasih kepada seluruh insan PUPR dan mitra kerja kami karena telah menyelesaikan pekerjaan tepat waktu dan sangat baik,” tandas Menteri Basuki.

Dalam Upacara Peringatan Hari Bakti PUPR ke-77 ini, turut diberikan pula penghargaan Satyalancana Karya Satya,  penghargaan terhadap pegawai muda teladan dan berprestasi Kementerian PUPR, serta penghargaan bagi mitra kerja yang mendukung Kementerian PUPR dalam melaksanakan pembangunan infrastruktur.

Turut hadir dalam upacara ini seluruh Pejabat Tinggi Madya dan Pratama Kementerian PUPR serta perwakilan insan PUPR dari masing-masing unit organisasi yang menjadi peserta upacara. (May)

Apakah informasi di atas cukup membantu?

Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR
Facebook: Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat
Twitter: @kemenpu
Instagram: kemenpupr
Youtube: kemenpu
#SigapMembangunNegeri

Berita Terkait