Prioritaskan Operasi dan Pemeliharaan Infrastruktur, Kementerian PUPR Apresiasi Insan Pengelola Sumber Daya Air

Prioritaskan Operasi dan Pemeliharaan Infrastruktur, Kementerian PUPR Apresiasi Insan Pengelola Sumber Daya Air

459 34 Print

Jakarta - Dalam rangka memperingati Hari Bakti PUPR ke-77 dan sebagai bentuk apresiasi terhadap insan pengelola sumber daya air, Direktorat Jenderal Sumber Daya Air (SDA) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyelenggarakan kegiatan Ramah Tamah dan Penyerahan Penghargaan Penguatan/ Pemilihan Kelembagaan Bidang Operasi dan Pemeliharaan (O&P) SDA Tingkat Nasional Tahun 2022, Sabtu (3/12) di Gedung Serbaguna Direktorat Jenderal SDA, Jakarta.

Serangkaian kegiatan Penguatan/ Pemilihan Kelembagaan Bidang O&P Tingkat Nasional Tahun 2022 yang dilaksanakan oleh Direktorat Bina O&P, Direktorat Jenderal SDA meliputi Penguatan Kelembagaan/ Pemilihan Komunitas Peduli Sungai, Lomba Kinerja Petugas O&P Irigasi Teladan, Penguatan Kelembagaan/ Pemilihan Unit Pengelola Bendungan (UPB) dan Petugas Operasi Pemeliharaan Pemantauan Bendungan, lalu Lomba Kinerja Pengelola SDA Wilayah Sungai (River Basin Organization Performance Benchmarking/ RBO-PB), serta Evaluasi Kinerja Tim Koordinasi Pengelolaan Sumber Daya Air Wilayah Sungai.

Direktur Jenderal Sumber Daya Air Jarot Widyoko mengatakan, kedepannya peran bidang O&P akan semakin penting, terlebih mengacu pada arahan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono yang mengatakan bahwa prioritas Kementerian PUPR untuk TA 2023 adalah OPOR (Optimalisasi, Pemeliharaan, Operasi, dan Rehabilitasi).

"Prioritas untuk TA 2023 adalah OPOR, ini yang akan kita genjot dan kita kawal. Untuk bangunan, sumber daya manusia, dan sistem sudah ada. Jadi kami akan lebih mendetailkan lagi," terang Jarot.

Sependapat dengan Jarot, Staf Ahli Menteri PUPR Bidang Hubungan Antar Lembaga Asep Arofah Permana juga mengatakan bahwa serangkaian kegiatan Penguatan/ Pemilihan Kelembagaan Bidang O&P yang dilaksanakan untuk memperingati Hari Bakti PUPR ini merupakan implementasi yang bagus dari arahan Menteri Basuki terkait O&P.

"Saya kira ini merupakan implementasi yang bagus dari arahan Bapak Menteri terkait operasi dan pemeliharaan. Kita sudah banyak sekali membangun, harapannya operasi dan pemeliharaannya juga perlu diperhatikan. Penghargaan-penghargaan yang diberikan ini juga bukan akhir dari perjalanan, justru menjadi awal untuk memperbaiki apa yang sudah kita lakukan," jelas Asep.

Oleh karena itu, penyelenggaraan penghargaan kelembagaan bidang O&P ini juga diharapkan dapat menjadi motivasi serta mendorong peningkatan pelayanan di bidang O&P oleh segenap insan pengelola sumber daya air.

"Penyelenggaraan kegiatan ini merupakan bentuk apresiasi terhadap insan pengelola sumber daya air dalam melaksanakan kegiatan operasi dan pemeliharaan, serta mendorong peningkatan pelayanan, pemahaman kompetensi, dan komitmen dalam pelaksanaan kegiatan operasi dan pemeliharaan infrastruktur sumber daya air," jelas Direktur Bina O&P Ditjen SDA Adenan Rasyid.

Selain pemberian penghargaan kepada para pemenang penilaian kelembagaan di bidang O&P SDA, penghargaan diberikan pula kepada para pemenang kompetisi porseni yang telah menjadikan Direktorat Jenderal SDA sebagai Juara Umum dalam Peringatan Hari Bakti PUPR ke-77.

Terakhir, Jarot mengapresiasi kinerja dari berbagai pihak yang telah mendukung terselenggaranya kegiatan penghargaan ini.

"Pada kesempatan ini kami mengucapkan terima kasih kepada panitia, tim juri serta kepada para pemimpin daerah atas kolaborasi dan kinerja yang selama ini dilakukan dalam mengawal pekerjaan kami. Selamat kepada para pemenang kompetisi. Semoga dapat menjadi motivasi bagi yang lain," tandas Jarot. (May)

Apakah informasi di atas cukup membantu?

Berita Terkait