Perkuliahan Mahasiswa Baru Politeknik PUPR di Masa Pandemi

Perkuliahan Mahasiswa Baru Politeknik PUPR di Masa Pandemi

745 47 Print

Semarang, 1 Oktober 2020 - Setelah melalui serangkaian proses penerimaan yang dilaksanakan sejak Mei 2020 dan resmi diterima pada tanggal 4 September 2020 Politeknik Pekerjaan Umum saat Sidang Terbuka Senat Penerimaan Mahasiswa Baru Politeknik Pekerjaan Umum Tahun Akademik 2020/2021, sebanyak 150 mahasiswa baru telah menjalani studinya.

Untuk tahun akademik 2020/2021, para mahasiswa baru menjalani studi di 3 (tiga) jurusan, yaitu: 54 orang Jurusan Teknologi Konstruksi Bangunan Air, 49 orang Jurusan Teknologi Konstruksi Jalan dan Jembatan, dan 47 orang Jurusan Teknologi Konstruksi Bangunan Gedung.

Visi Politeknik Pekerjaan Umum adalah terwujudnya politeknik unggulan yang menghasilkan sumber daya manusia bidang pekerjaan umum yang kompeten, professional, berdaya saing tinggi, dan siap kerja. Hal ini, sangat ditekankan oleh Direktur Politeknik Pekerjaan Umum, Indratmo Soekarn dalam sambutan pada Sidang Terbuka Senat Penerimaan Mahasiswa baru, 4 September lalu, Visi keunggulan tersebut, mahasiswa harus terampil disamping disiplin ilmunya, mahasiswa juga harus terampil dalam menggunakan beragam teknologi canggih di era Industry 4.0 seperti kecerdasan buatan, internet of things, wearables, robotika canggih, dan 3D printing.

Untuk mendukung mahasiswanya, Politeknik Pekerjaan Umum bekerja sama dengan beberapa perguruan tinggi di dalam maupun di luar negeri, dengan balai-balai di lingkungan Kementerian PUPR, dan dengan perusahaan konstruksi.

Dengan kurikulum Politeknik PU yang 60% praktek lapangan dan praktikum, mahasiswa pun akan dibekali dengan magang di proyek-proyek infrastruktur yang diselenggarakan Kementerian PUPR, sehingga mereka mempunyai pengalaman kerja.

Di masa pandemi covid-19, perkuliahan untuk angkatan kedua dan pertama dilakukan dengan metode pembelajaran jarak jauh (daring). Tapi kampus tetap menyediakan sarana yang dapat digunakan oleh mahasiswa seperti laboratorium komputer, perpustakaan, laboratorium gambar, dan sejenisnya untuk praktik. Jika mahasiswa memang harus dilakukan praktik langsung, Politeknik PU telah menerapkan protokol Covid-19.

Terkait dengan metode pembelajaran daring ini, Bella Aprilia Ghozali salah seorang mahasiwi angkatan 2020 menyampaikan pendapatnya, "Karena masih adanya pandemi pastinya kegiatan belajar dilakukan secara online. Pastinya ada kelebihan dan kekurangan. Cara pembelajaran di Poltek PU sendiri menurut saya sudah cukup baik karena dosen-dosennya menjelaskan dengan baik walaupun ada beberapa yang menurut saya kurang bisa dipahami karena saat dosen menjelaskan materi suaranya pelan."

Bella juga menyampaikan keinginannya untuk bisa segera melakukan praktikum untuk penggunaan alat seperti waterpass. Untuk masa mendatang dia berharap, pembelajaran bisa lebih menarik lagi penyampaiannya, sarana dan prasarana yang memadai serta dosen-dosen selalu membantu dalam pelaksanaan pembelajaran.

Apakah informasi di atas cukup membantu?

Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR
Facebook: Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat
Twitter: @kemenpu
Instagram: kemenpupr
Youtube: kemenpu
#SigapMembangunNegeri

Berita Terkait