Pemda Maluku Tenggara Berkomitmen Melaksanaan RT3 BPPSPAM untuk meningkatkan Kinerja PDAM

Pemda Maluku Tenggara Berkomitmen Melaksanaan RT3 BPPSPAM untuk meningkatkan Kinerja PDAM

9891 Print

Ketua Badan Peningkatan Penyelenggaraan Sistem Penyediaan Air Minum (BPPSPAM), Bambang Sudiatmo berharap Pemerintah Kabupaten Maluku Tenggara mendukung PDAM untuk menjalankan Rencana Tindak Turun Tangan (RT3) dari BPPSPAM untuk meningkatkan kinerjanya yang saat ini memiliki kinerja Kurang Sehat.  Bambang menyampaikan dari hasil evaluasi kinerja PDAM Kabupaten Maluku Tenggara, didapatkan hasil bahwa PDAM memiliki beberapa tantangan dalam melakukan pelayanan air minum yang perlu mendapatkan bantuan dukungan dari perhatian Pemerintah Daerah.

Beberapa tantangan yang dihadapi PDAM antara lain tarif PDAM belum memenuhi biaya pemulihan penuh/Full Cost Recovery(FCR), efektivitas penagihan PDAM kepada pelanggan belum optimal dan kualitas air PDAM belum memenuhi standar baku mutu air minum serta tingkat kehilangan air/non revenue water (NRW) PDAM masih tinggi (43%). Selain itu idle capacity  PDAM masih banyak yang belum dimanfaatkan dan  jam operasi layanan baru 5 jam per hari dan kurangnya akurasi meter air pelanggan.

“BPPSPAM telah memberikan “resep” (Rencana Tindak Turun Tangan) untuk menyehatkan kinerja PDAM Kabupaten Maluku Tenggara. Kami berharap Pemda membantu PDAM dengan memberikan dukungan kebijakan dan alokasi dana kepada PDAM untuk melaksanakan RT3 tersebut,”kata Bambang pada acara Kunjungan ke Kabupaten Maluku Tenggara dalam rangka Peningkatan Kinerja PDAM, Kamis (04/06/19).  Kunjungan diterima oleh Wakil Bupati Maluku Tenggara (Malra), Petrus Beruatwarin yang didampingi oleh Pejabat SKPD dan Direktur Utama PDAM Maluku Tenggara.

Petrus Beruatwarin menyampaikan terimakasih  kepada BPPSPAM yang telah mendampingi PDAM dalam melakukan penyusunan RT3 untuk meningkatkan pelayanan air minum kepada masyarakat. Semua rekomendasi yang diberikan BPPSPAM akan ditindaklanjuti sesuai prioritas kebutuhan masyarakat Kabupaten Maluku Tenggara.

Pada acara kunjungan tersebut Ketua BPPSPAM juga didaulat untuk meresmikan Kantor PDAM Kabupaten Maluku Tenggara. Dalam sambutannya Bambang mengingatkan Dirut PDAM untuk mengalokasikan dana untuk mengirim pegawai PDAM mengikuti pelatihan air minum yang diselenggarakan Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi dan instansi lainnya sehingga pegawai dapat memberikan pelayanan air minum kepada masyarakat secara maksimal.

Apakah informasi di atas cukup membantu?

Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR
Facebook: Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat
Twitter: @kemenpu
Instagram: kemenpupr
Youtube: kemenpu
#SigapMembangunNegeri

Berita Terkait