Pelatihan Spesifikasi Umum untuk Pekerjaan Konstruksi Jalan dan Jembatan Resmi Ditutup

Pelatihan Spesifikasi Umum untuk Pekerjaan Konstruksi Jalan dan Jembatan Resmi Ditutup

24 1 0 Print

Banjarmasin, 19 Februari 2021- Untuk memenuhi kebutuhan pengembangan kompetensi Aparatur Sipil Negara (ASN) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) agar dapat melaksanakan tugas fungsi di bidang ke-Bina Marga-an, Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) PUPR melalui Pusat Pengembangan Kompetensi Jalan, Perumahan dan PIW telah melaksanakan Pelatihan Spesifikasi Umum Untuk Pekerjaan Jalan dan Jembatan di Balai Pengembangan Kompetensi (Bapekom) PUPR Wilayah VII Banjarmasin.

Secara spesifik Pelatihan Spesifikasi Umum Untuk Pekerjaan Konstruksi Jalan Dan Jembatan didesain untuk memenuhi standar kompetensi jabatan ASN Kementerian PUPR, sebagaimana telah diamanatkan pada Peraturan Menteri PUPR No. 7 tahun 2020, tentang standar kompetensi jabatan aparatur sipil negara bidang teknik pekerjaan umum dan perumahan rakyat, serta sebagai upaya dalam memberikan pengetahuan mengenai perubahan Spesifikasi Umum Bina Marga 2018 untuk Pekerjaan Konstruksi Jalan dan Jembatan (Revisi 2) berdasarkan Surat Edaran Dirjen No.16.1/SE/Db/2020 pada tanggal 27 Oktober 2020.

Kepala Pusat Pengembangan Kompetensi Jalan Perumahan dan PIW Rezeki Peranginangin dalam sambutan penutupnya Kamis (18/2) mengatakan, "Sesuai dengan sasaran pelatihan, maka Bapak dan Ibu setelah mengikuti pelatihan ini diharapkan mampu memahami spesifikasi umum untuk pekerjaan konstruksi jalan dan jembatan terkait perencanaan teknik, pelaksanaan konstruksi, preservasi, dan pengawasan konstruksi jalan dan jembatan, dan mampu mengatasi ancaman, hambatan, gangguan yang mempengaruhi Visium PUPR".

"Pada kesempatan ini saya memberikan apresiasi kepada peserta yang berprestasi, khususnya peserta yang mendapatkan penghargaan terbaik satu, dua dan tiga, sebagaimana yang telah disampaikan oleh Kepala Balai.Teruslah mengembangkan kompetensi dan berprestasi, masih banyak prestasi-prestasi lain yang ditunggu oleh Kementerian PUPR untuk visi, di bidang jalan dan jembatan tertuang dalam Visium PUPR 2030, yaitu 99% jalan mantap,"lanjut Rezeki.

Berdasarkan hasil pengamatan dari Pusat Pengembangan Kompetensi Jalan, Perumahan dan PIW, secara umum penyelenggaraan pelatihan Spesifikasi Umum Untuk Pekerjaan Konstruksi Jalan Dan Jembatan sudah berjalan sesuai dengan ketentuan dan lancar, yaitu adanya interaksi dan diskusi yang baik antara pengajar dengan peserta dan juga terjadi sharing knowledge diantara peserta pelatihan. Meski masih ada beberapa catatan yang harus diperhatikan oleh peserta maupun penyelenggara untuk perbaikan kedepannya.

Pelatihan ini diikuti oleh 40 orang peserta dengan jumlah peserta yang lulus sebanyak 36 orang peserta, dengan rincian kelulusan memuaskan 23 orang. Adapun 3 peserta Pelatihan Spesifikasi Umum untuk Pekerjaan Konstruksi Jalan dan Jembatan dengan nilai terbaik pelatihan ini diraih oleh Ali Zakariya dari DirektoratPembangunan Jembatan pada peringkat pertama, Mellisa Pirmadana Mulya dari Balai Pelaksanaan Jalan Nasional Lampung pada peringkat kedua, serta Respa Rose Mangi dari Balai Pelaksanaan Jalan Nasional Lampung pada peringkat ketiga. (Kompu BPSDM)

Apakah informasi di atas cukup membantu?

Berita Terkait