Pelatihan Manajemen Pengelolaan Pengembangan Kawasan Permukiman Untuk Wujudkan Target 100% Smart Living

Pelatihan Manajemen Pengelolaan Pengembangan Kawasan Permukiman Untuk Wujudkan Target 100% Smart Living

129 30 0 Print

Banjarmasin, 17 Februari 2021 – Untuk meningkatkan kemampuan teknis Aparatur Sipil Negara (ASN) bidang permukiman sehingga dihasilkan Sumber Daya Manusia yang kompeten dan berintegritas dalam rangka mendukung penyediaan infrastruktur PUPR yang andal, Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kementerian PUPR melalui Pusat Pengembangan Kompetensi Sumber Daya Air dan Permukiman, menyelenggarakan Pelatihan Manajemen Pengelolaan Pengembangan Kawasan Permukiman.

Pelatihan yang difasilitasi oleh Balai Pengembangan Kompetensi (Bapekom) PUPR Wilayah VII Banjarmasin diikuti sebanyak 29 orang ASN Pusat dan Daerah. Pembelajaran dilaksanakan secara distance learning dari tanggal 17 s.d 26 Februari 2021.

Dalam sambutan pembukaan Kepala Pusat Pengembangan Kompetensi Sumber Daya Air dan Permukiman dibacakan Kepala Bidang Manajemen Sistem dan Pelaksanaan Pengembangan Kompetensi, Fitri Riandini melalui konferensi video, Rabu (17/2), menyampaikan target bidang perumahan yang diamanahkan oleh Kementerian PUPR melalui Direktorat Jenderal Cipta Karya yang tertuang dalam Visium 2030, yakni terwujudnya 100% Smart Living.

Smart Living yang tertuang dalam Visium Kementerian PUPR 2030 dimaknai sebagai target perwujudan 100% hunian cerdas. Arah kebijakan pembinaan dan pengembangan infrastruktur permukiman dalam mewujudkan Smart Living berfokus pada 4 (empat) aspek, yaitu: perwujudan permukiman layak huni (livable); permukiman tahan bencana; permukiman yang menerapkan bangunan hijau (green building); serta Permukiman yang menerapkan teknologi informasi.

Untuk itu dengan dilaksanakannya pelatihan Manajemen Pengelolaan Pengembangan Kawasan Permukiman ini diharap dapat meningkatkan kompetensi ASN Kementerian PUPR khususnya dalam mengidentifikasi kebutuhan penyelenggaraan kawasan permukiman (perkotaan, perdesaan dan kawasan yang bersifat khusus) sehingga dapat mempercepat upaya terwujudnya permukiman smart living guna mendukung terpenuhinya target Visium PUPR 2030. (Kompu BPSDM)

Apakah informasi di atas cukup membantu?

Berita Terkait