Pelatihan DED SPAM Untuk Mendukung Pemda Capai Target Pelayanan Air Minum

Pelatihan DED SPAM Untuk Mendukung Pemda Capai Target Pelayanan Air Minum

9793 Print

Bandung, 18 Juni 2020 - Dalam rangka mengamankan tercapainya sasaran nasional dan mewujudkan standar pelayanan minimal air minum secara nasional Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Pusat Pengembangan Kompetensi Sumber Daya Air dan Permukiman mengadakan Pelatihan Desain Teknis Terinci (Detail Engineering Design/DED) Sistim Penyediaan Air Minum (SPAM) dari Bandung, Kamis (18/6).

Seperti diketahui, pengembangan SPAM sebelumnya banyak dilakukan oleh pemerintah pusat. Namun sejalan dengan adanya desentralisasi, maka penyelenggaraan SPAM menjadi kewenangan wajib pemerintah daerah. Dengan adanya pengalihan kewenangan dari pusat ke daerah dalam penyelenggaraan SPAM tersebut, maka pusat perlu memberikan dukungan yang berupa penyusunan DED SPAM.

Sekretaris BPSDM PUPR Herman Suroyo, dalam sambutan pembukaan pelatihan melalui konferensi video, mengatakan untuk mewujudkan standar pelayanan minimal air minum secara nasional pemerintah pusat menyediakan perangkat kebijakan dan arahan serta program proyek pembantuan kepada daerah sebagai upaya mempercepat capaian masing-masing daerah. Sebagai pembina, pemerintah pusat harus juga memahami rencana rinci pembangunan SPAM di suatu kota/kawasan agar dapat memberikan masukan dalam penyusunan DED SPAM untuk meningkatkan kinerjanya.

Karena itu pelatihan DED SPAM peserta dibekali pemahaman di bidang penyelenggaraan air minum. Melalui pelatihan tersebut para peserta tidak hanya mampu secara teori, namun juga contoh-contoh praktis implementasi berdasarkan pengalaman para instruktur dan narasumber serta studi lapangan dan diskusi kelompok.

Dengan metode itu diharapkan para peserta nantinya dapat mengaplikasikan ilmu yang telah diperoleh, dapat berinovasi, serta memahami seluruh sektor air minum sebagai bagian pada Bidang Cipta Karya, sehingga dapat tercipta keterpaduan antar-sektor pada setiap Balai Prasarana Permukiman Wilayah di seluruh Indonesia.

Pelatihan DED SPAM yang berlangsung pada 1529 Juni 2020 diikuti 18 peserta. Pelatihan yang dilakukan secara virtual tersebut difasilitasi oleh Balai Pengembangan Kompetensi PUPR Wilayah IV Bandung.

Apakah informasi di atas cukup membantu?

Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR
Facebook: Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat
Twitter: @kemenpu
Instagram: kemenpupr
Youtube: kemenpu
#SigapMembangunNegeri

Berita Terkait