Komisi V DPR RI Dorong Perluasan Layanan Air Bersih Kota Palembang

Komisi V DPR RI Dorong Perluasan Layanan Air Bersih Kota Palembang

244 32 Print

Komisi V DPR RI mendorong Kementerian PUPR untuk memberikan dukungan kepada PDAM Tirta Musi, dalam upaya meningkatkan kapasitas produksi air dan memperluas jangkauan layanan air bersih ke wilayah-wilayah baru di Kota Palembang. Hal tersebut diungkapkan dalam Kunjungan Kerja Komisi V DPR RI pada Reses ke Provinsi Sumatera Selatan (15/2).

“Secara umum kondisi keuangan PDAM Tirta Musi saat ini memang dalam kondisi sehat meski masih terdapat kekurangan untuk percepatan. Tinggal diberi dukungan dari pemerintah pusat saja supaya ada percepatan jangkauan air bersih, kami akan perjuangkan itu,” tutur Wakil Ketua Komisi V DPR RI Syarief Abdullah Alkadrie.

Kapasitas produksi air bersih PDAM Tirta Musi saat ini telah mencapai 4.000 liter per detik yang mampu melayani sebanyak 300.000 pelanggan atau 82 persen dari penduduk Kota Palembang, sehingga masih terdapat kekurangan sebanyak 300 liter perdetik. Saat ini PDAM Tirta Musi berupaya menjangkau 10.000 pelanggan baru di area timur Kota Palembang seperti kawasan Kalidoni, Sungai Lais, Merah Mata serta kawasan Seberang Ulu.

Saat ini distribusi air bersih PDAM Tirta Musi didukung kinerja empat intake, yakni Intake Ogan, Karang Anyar, 1 Ilir dan Borang. Untuk mengejar target tahun 2023 pelayanan sudah mencakup 97 persen penduduk di Kota Palembang, maka perllu dilakukan penambahan intake.

Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah Sumatera Selatan Achmad Irwan Kusuma mengungkapkan bahwa, saat ini terdapat 8 kegiatan di Kementerian PUPR yang terkait dengan PDAM Tirta Musi. “Terdapat satu usulan baru terkait pembangunan jaringan distribusi berupa booster, pada dasarnya kami siap mendorong pemkot dan PDAM Tirta Musi dalam rangka memperluas cakupan pelayanan air bersih di Kota Palembang,” tutur Ahmad.

Lebih lanjut Achmad menerangkan dalam program penyelenggaraaan air minum dan sanitasi yang layak, Kementerian PUPR pada tahun 2021 akan melaksanakan pembangunan Instalasi Pengolahan Air Jejawi di Kab. Ogan Komering Ilir, Optimalisasi SPAM Indralaya di Kab. Ogan Ilir, Pembangunan Jaringan Perpipaan SPAM IKK Karya Sakti Kawasan Muara Kelingi di Kab. Musi Rawas dan Pembangunan Jaringan Perpipaan SPAM Karang Anyar Kota Palembang. (nrm/P5-foto:Vivin)

Apakah informasi di atas cukup membantu?

Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR
Facebook: Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat
Twitter: @kemenpu
Instagram: kemenpupr
Youtube: kemenpu
#SigapMembangunNegeri

Berita Terkait