Kementerian ATR/BPN Melakukan Penolokukuran (Benchmarking) Terhadap Penilaian Kompetensi Kementerian PUPR

Kementerian ATR/BPN Melakukan Penolokukuran (Benchmarking) Terhadap Penilaian Kompetensi Kementerian PUPR

Jakarta, 03 Maret 2021 – Untuk mendapatkan informasi tentang persiapan, pelaksanaan dan laporan hasil penyelenggaraan penilaian kompetensi yang dilakukan Kementerian PUPR, maka Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional melakukan benchmarking ke Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kementerian PUPR melalui Pusat Pengembangan Talenta.

Kepala BPSDM Kementerian PUPR Sugiyartanto mengatakan kunjungan tersebut merupakan sebuah kehormatan bagi Kementerian PUPR untuk bisa saling berbagi pengalaman seputar assesment baik secara online maupun klasikal. 

Sebagaimana diketahui, Kementerian PUPR memberikan perhatian besar terhadap kualitas sumber daya manusia (SDM). Dalam pelaksanaan reformasi birokrasi, Kementerian PUPR telah melaksanakan sistem assesment agar berjalannya manajemen aparatur sipil negara (ASN). 

Dalam sambutannya Kepala Pusat Pengembangan Talenta BPSDM PUPR Rudy Efendi mengatakan pemenuhan kebutuhan ASN di lingkungan Kementerian PUPR menitikberatkan kepada kompetensi dan kinerja pegawai. Seperti yang diarahkan Bapak Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat yang menegaskan bahwa dalam menunjang Agenda Prioritas Presiden Untuk 5 tahun ke depan, perlu adanya perkuatan sumber daya manusia yang berintegritas dan kompeten. Sejalan dengan arahan beliau tersebut, maka diperlukan peningkatan karakter yang baik dan kuat para pegawai PUPR dengan mampu bersikap berani, tangguh dan disiplin.

Dalam paparannya Rudi juga menyampaikan tentang penerapan pelaksanaan penilaian potensi dan kompetensi salahsatunya terkait model kompetensi Kementerian PUPR yang meliputi kompetensi teknis, manajerial dan kompetensi sosial kultural (perekat bangsa). Rudi juga memperkenalkan Sistem Manajemen Online Kementerian PUPR (Semen PUPR) sebagai implementasi transformasi digital Indonesia 4.0. Dengan kehadiran Semen PUPR, peserta tidak perlu hadir langsung di lokasi, sehingga lebih hemat biaya serta pelaksanaan asesmen lebih mudah diobservasi dan lebih transparan karena semua proses direkam secara online.

Kepala Bidang Penilaian Kompetensi Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Kementerian Agraria dan Tata Ruang Agustina Yessy Christiana, mengatakan pemilihan benchmarking ke BPSDM Kementerian PUPR ini dikarenakan akreditasi pengembangan kompetensinya yang terakreditasi A, dan untuk belajar mengelola unit baru di bidang penilaian kompetensi di Kementerian ATRBPN agar dapat berkembang dan dapat berjalan dengan baik. Austina juga mengatakan, banyak hal yang didapat pada acara benchmarking ini. 

Apakah informasi di atas cukup membantu?

Berita Terkait