Infrastruktur Jalan di Provinsi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta Siap Digunakan untuk Mudik Lebaran 2022

Infrastruktur Jalan di Provinsi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta Siap Digunakan untuk Mudik Lebaran 2022

774 113 Print

Surakarta - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tengah meningkatkan kesiapan infrastruktur jalan di Provinsi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Kesiapan tersebut telah dibahas dalam pertemuan dengan mitra kerja Komisi V DPR RI pada kegiatan Kunjungan Kerja (Kunker) Spesifik Komisi V DPR RI ke Jawa Tengah, Kamis, 7 April 2022.

Anggota Komisi V DPR RI yang juga ketua rombongan Kunker Spesifik Ir. Sudjaji menyampaikan apresiasi langkah-langkah persiapan mudik lebaran yang dilakukan oleh seluruh mitra kerjanya. “Terkait jalan tol dan jalan nasional sudah siap, ada semboyan Pak Menteri yaitu Salome Sapu lobang rame-rame, jadi inshaallah 10 hari sebelum lebaran jalan mulus” ucapnya.

Senada dengan hal tersebut, Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Jawa Tengah-DI Yogyakarta Wida Nurfaida berharap arus mudik dan balik lebaran berjalan dengan lancar, tidak ada kendala baik bencana banjir dan longsor di jalan nasional maupun di jalan tol. “Terus terang permintaan dari Komisi V DPR RI tadi untuk kelancaran mudik tentu kami BBPJN Jateng-DIY akan mendukung pelaksanaan mudik ini, karena   kemungkinan besar animo mudik akan meningkat 2x lipat, tentu bahu jalan terus kita rawat, tim posko kami akan dimaksimalkan apalagi jika terdapat genangan air dan kondisi jalan berlubang. Kalau jalan berlubang harusnya tidak ada, karena target saya itu H-15” tegas Wida. 

BBPJN Jawa Tengah-DI Yogyakarta sendiri tengah menyiapkan jalan nasional (nontol) sepanjang 1.769,14 km yang terdiri dari Lintas Utara, Tengah, Selatan, dan Pantai Selatan dengan kondisi Mantap 93,02%. Sedangkan panjang jalan tol di kedua wilayah tesebut adalah 393,89 km yang dilengkapi 24 Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) dengan rincian 12 TIP A dan 12 TIP B.  

Adapun untuk mendukung kelancaran arus mudik dan balik lebaran, Kementerian PUPR melakukan sejumlah penanganan jalan tol yaitu penanganan kerusakan jalan di sepanjang Jalan Tol Kanci - Pejagan, Pejagan - Pemalang dan Pekalongan - Batang, dan peningkatan layanan pengguna jalan tol di Rest Area diantaranya area komersial untuk UMKM, toilet bersih, prasarana yang ramah disabilitas, fasilitas ibadah, dan penataan taman.

Turut hadir pada pertemuan tersebut Plh. Anggota BPJT Unsur Kementerian PUPR Mahbullah Nurdin, Kepala Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Bengawan Solo Agus Rudyanto, Kepala Bidang Pelaksanaan Jaringan Sumber Air BBWS Bengawan Solo Naryo Widodo, Kepala SNVT PJSA Bengawan Solo R. Panji Satrio dan Pejabat Pembuat Komitmen 3.5 Provinsi Jawa Tengah Emy Eko Setiyawati. (HAL/Dyh)

Terima kasih telah berpartisipasi merespon kuis ini..

Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR
Facebook: Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat
Twitter: @kemenpu
Instagram: kemenpupr
Youtube: kemenpu
#SigapMembangunNegeri

Berita Terkait