Dukung Pertumbuhan Ekonomi, Kementerian PUPR Tingkatkan Pembangunan Infrastruktur di Kabupaten Jombang

Dukung Pertumbuhan Ekonomi, Kementerian PUPR Tingkatkan Pembangunan Infrastruktur di Kabupaten Jombang

935 90 Print

Jombang – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus meningkatkan pembangunan infrastruktur yang meliputi bidang sumber daya air, konektivitas, perumahan dan permukiman di Kabupaten Jombang guna mendukung pertumbuhan ekonomi daerah. 

“Dampak COVID-19 ini telah menurukan pertumbuhan ekonomi dan melambatnya investasi sehingga meningkatkan angka kemiskinan dan pengangguran. Target pembangunan infrastruktur sangat dibutuhkan untuk mengatasi permasalahan tersebut. termasuk di Kabupaten Jombang. Kabupaten ini punya posisi strategis, karena berada di persimpangan utara dan selatan di Pulau Jawa, oleh karena itu perlu ditopang akses sosial, infrastruktur dan ekonomi melalui pembangunan infrastruktur” kata Wakil Ketua Komisi V Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) M Arwani Thomafi pada sambutan Kunjungan Kerja (Kunker) di Pendopo Bupati Jombang, Jawa Timur (21/02/22).

Di bidang konektivitas, Kementerian PUPR melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) Bina Marga telah merampungkan pembangunan Jembatan Ploso yang memiliki panjang 1,27 km. Hadirnya jembatan tersebut diharapkan dapat mengurai simpul kemacetan akibat pertemuan lalu lintas dari 3 arah, yakni dari dan menuju Jalan Raya Gedek-Ploso arah Mojokerto, Jalan Babat-Jombang arah Lamongan, dan Jalan Jombang-Ploso arah Jalan Tol Trans Jawa di Gerbang Tol Jombang. 

“Terkait dengan peresmian Jembatan Ploso di Jombang, karena ada desakan dan kebutuhan dari masyarakat ini kami akan sampaikan ke Pak Dirjen agar bisa segera diresmikan dan dimanfaatkan. Arahan dari anggota dewan juga seperti itu” jelas Direktur Pembangunan Jalan Satrio Sugeng Prayitno. 

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) Daerah Pilihan (Dapil) Jawa Timur III Sadarestuwati mengapresiasi atas dibangunnya Jembatan Ploso. “Dengan jembatan ini maka akan sangat memudahkan arus perpindahan barang dan manusia sekaligus untuk memberikan satu wujud dukungan kepada investor yang akan masuk ke Kabupaten Jombang” tutur Estu, sapaan akrabnya.

Jombang yang merupakan daerah utara Brantas ini juga masih mengalami banjir di beberapa kecamatan. Untuk menangani hal tersebut, Direktur Air Tanah dan Air Baku Ditjen Sumber Daya Air Iriandi Azwartika menyampaikan kegiatan pada tahun 2022 yang akan dilakukan oleh Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Brantas, yaitu Pembangunan Pengendali Banjir Kali Ngotok Ring Kanal Di Desa Pesantren dan Desa Tembelang Kecamatan Tembelang Kab. Jombang (Tahap II), Rehabilitasi Tanggul Kali Brantas Desa Jatiduwur Kecamatan Kesamben Kabupaten Jombang, Peningkatan Jaringan Irigasi Peterongan DI Mrican Kanan Kab. Jombang, Rehabilitasi Jaringan Irigasi DI. Mrican Kab. Jombang dan Pembangunan Pengendali Banjir Afvour Watudakon di Kec. Kesamben Kab. Jombang.

Di bidang permukiman, Kementerian PUPR melalui Balai Prasarana dan Permukiman Wilayah (BPPW) Jawa Timur akan menyelesaikan Tempat Pemoresan Akhir (TPA) berbasis Emisson Reduction in Cities (ERIC)-Solid Waste Management (SWM) dengan sistem sanitary landfill sekaligus menambah kapasitas landfill baru. TPA tersebut dapat menampung sampah sekitar 110 ton/hari dan melayani 895.000 jiwa dengan umur layanan 5-7 tahun.

Sedangkan di bidang perumahan, Kementerian melalui Balai Pelaksana Penyedia Perumahan (BP2P) Jawa IV direncanakan akan menyalurkan sejumlah program pembangunan rumah susun (rusun), rumah khusus (rusus), rumah swadaya serta prasarana dan sarana utilitas umum (PSU).

Di hari yang sama, rombongan Kunker Komisi V DPR RI juga meninjau lokasi pembangunan Bandara Internasional Kediri yang mana nantinya akan didukung dengan jaringan jalan tol ruas Kediri-Tulung Agung. Jalan Tol Kediri-Tulung Agung merupakan jalan tol penghubung dari Jalan Tol Trans Jawa ke sisi selatan Jawa Timur dan berperan dalam pengembangan selatan Jawa Timur. (HAL/Dyh)

Terima kasih telah berpartisipasi merespon kuis ini..

Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR
Facebook: Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat
Twitter: @kemenpu
Instagram: kemenpupr
Youtube: kemenpu
#SigapMembangunNegeri

Berita Terkait