BPPSPAM Raih Sertifikasi SMM ISO 9001: 2015
Badan Peningkatan Penyelenggaraan Sistem Penyediaan Air Minum (BPPSPAM) berhasil memperoleh sertifikasi Sistem Manajemen Mutu (SMM) ISO 9001: 2015. Sertifikasi ini merupakan bukti nyata komitmen dari semua pegawai BPPSPAM dalam menerapkan SMM sebagai budaya kerja. Sertifikat SMM ISO 9001: 2015 diserahkan Direktur Komersial I PT. Sucofindo Persero, Mochmamad Heru Riza Chakim kepada Ketua BPPSPAM, Bambang Sudiatmo dan disaksikan oleh Dirjen Cipta Karya, Sri Hartoyo di Jakarta, Senin (26/03/18).
Dalam sambutannya, Sri Hartoyo menyampaikan bahwa sebagai lembaga yang memiliki tantangan berat dalam mewujudkan akses 100% air minum, dalam menjalankan tugasnya BPPSPAM memerlukan sebuah Sistem Operasional Prosedur (SOP) sehingga dalam menentukan langkah berdasarkan fakta atau data yang riil. Dengan adanya sertifikasi, diharapkan BPPSPAM dalam melaksanakan tugasnya dengan lebih baik dan terukur.
SMM : ISO 9001 merupakan standar internasional di bidang sistem manajemen mutu. Suatu lembaga/organisasi yang mendapatkan akreditasi tersebut telah memenuhi persyaratan internasional dalam hal manajemen penjaminan mutu produk/jasa yang dihasilkannya.
Adapun ruang lingkup Sertifikasi yang diperoleh BPPSPAM adalah sebagai berikut :
- Penyiapan bahan penilaian kinerja dan persiapan bahan peningkatan kinerja serta Kegiatan penyiapan bahan pengusulan rekomendasi kebijakan SPAM di Bagian Dukungan Teknis.
- Pengelolaan dan penyajian data dan informasi serta penyiapan fasilitasi administrasi kerja sama penyelenggraan SPAM pada Bagian Pelayanan Informasi dan Kerjasama.
- Penyusunan rencana kerja dan anggaran tahunan dan monitoring, evaluasi dan penyusunann laporan BPPSPAM pada Bagian Perencanaan dan Pelaporan.
- Pelaksanaan urusan tata usaha dan rumah tangga, pembinaan organisasi, kepegawaian dan administrasi umum pada Bagian Tata Usaha dan Umum.
Untuk mengaudit proses bisnis kerjanya, sebelumnya Tim Auditor Sucofindo yang diketuai oleh Togu Sihombing telah melakukan audit eksternal sebagai prasyarat dalam mendapatkan sertifikat ISO 9001: 2015 pada bulan Januari lalu. Sertifikat ISO 9001: 2015 merupakan pembaharuan dari Sertifikat ISO 9001 : 2004 dengan menambahkan faktor resiko dan peluang organisasi dalam mengelola pelayanan . (Fad/el/Irn)
Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR
Facebook: Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat
Twitter: @kemenpu
Instagram: kemenpupr
Youtube: kemenpu
#SigapMembangunNegeri