BPPSPAM Dorong Pembentukan Forum Pelanggan Air Minum

BPPSPAM Dorong Pembentukan Forum Pelanggan Air Minum

9950 Print

Badan Pendukung Pengembangan Sistem Penyediaan Air Minum (BPPSPAM) Kementerian Pekerjaan Umum mendorong setiap PDAM di daerah untuk memfasilitasi pembentukan Forum Komunikasi Pelanggan. Forum tersebut bertujuan untuk menampung aspirasi sekaligus menjembatani antara pelanggan dan PDAM sehingga permasalahan yang terjadi dapat terselesaikan dengan baik.

Demikian disampaikan Sekretaris BPPSPAM Tamin M Zakaria Amien saat membuka acara Workshop Forum Pelanggan Air Minum Nasional di Jakarta, Selasa (27/11).

Menurut Tamin, saat ini hak dan kewajiban pelaggan terkait pelayanan air minum kurang seimbang. Ketika pelanggan telat membayar iuran, mereka wajib membayar denda administrasi. Namun, disisi lain,  ketika air macet atau keruh mereka tidak bisa mendapatkan haknya.

Permasalahan-permasalahan seperti itulah yang mendasari pembentukan forum komunikasi pelanggan ini disetiap daereah. Ě”SDengan forum ini saya harap dapat menjembatani hak dan kewajiban baik pelanggan maupun PDAM,Ě”‚ kata Tamin.

Lebih lanjut menurut Tamin, pada tanggal  22 September 2011 lalu, BPPSPAM telah memfasilitasi terbentuk Forum Komunikasi Pelanggan Air Minum Nasional (FORPAMNAS). Forum ini berfungsi sebagai wadah yang dapat membangun komunikasi timbal balik secara efektif antar forum pelanggan air minum daerah dalam rangka menyelesaikan masalah-masalah terkait dengan pelayanan air minum.

Selain itu, forum ini juga merupakan tempat untuk memperoleh informasi tentang penyelenggaraan SPAM yang dilaksanakan oleh PDAM sehingga dapat menjadi rekomendasi BPPSPAM kepada Pemerintah.

Ketua FORPAMNAS Tun Tedja Irawadi mengatakan, saat ini pihaknya terus mensosialisasikan terbentuknya forum komunikasi pelanggan kepada seluruh PDAM. Rencananya, forum ini akan dibagi secara regional, yaitu wilayah Timur, Tengah dan Barat, diamana di setiap regional itu nantinya akan ada ketua koordinatornya.

Ě”SKami telah menyurati seluruh PDAM agar segera membentuk forum pelanggan. Kami juga meminta bantun BPPSPAM dan juga PERPAMSI untuk membantu mensosialisasikannya,Ě”‚ kata Tun Tedja.

Menurut Tun Tedja forum ini memang terbukti efektif dalam menyelesaikan masalah pelanggan. Ia mencontohkan, masalah air keruh yang menimpa salah satu pelanggan PDAM di Bogor. Ketika itu, pelanggan tersebut menyampaikan keluhannya ke forum melalui sms.

Ě”SDalam forum tersebut kita langgsung menelepon direktur teknik PDAM Bogor dan kemudian pada saat itu juga langsung ditindaklanjuti. Forum ini memang memlili akses langsung kepada para Direksi PDAM sehingga efektif menyelesaikan masalah,Ě”‚ tambah Tedja.

Selaku peyelenggara acara, Kabid Kebijakan dan Program S. Bellafolijani mengatakan, dalam workshop ini pihaknya mengundang 29 PDAM dan 18 Forum Pelanggan dengan narasumber dari PERPAMSI, BPPSPAM, FORPAMNAS, PDAM Surabaya dan juga Dewan Pelanggan PDAM Surabaya selaku best practice.

Ě”SMelalui acara ini  diharapkan terjadi pemahaman dan komitmen bersama para pihak dalam mendukung keberadaan FORPAMNAS dan pembentukan Forum Pelanggan Air Minum di daerah,Ě”‚ kata S. Bellafolijani. (dvt)

Apakah informasi di atas cukup membantu?

Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR
Facebook: Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat
Twitter: @kemenpu
Instagram: kemenpupr
Youtube: kemenpu
#SigapMembangunNegeri

Berita Terkait