Bendung Rentang Sambut Canoe Slalom Untuk Asian Games 2018

Bendung Rentang Sambut Canoe Slalom Untuk Asian Games 2018

246 71 Print

Bendung Rentang menjadi venue untuk cabang olahraga Canoe Slalom untuk perhelatan Asian Games 2018 di Majalengka (23/8). Canoe Slalom  sendiri merupakan salah satu olahraga dayung perorangan yang menggunakan perahu panjang dan sempit dengan halang rintang yang beragam. Bendung Rentang terpilih menjadi tempat perlombaan Canoe Slalom yang merupakan usulan dari Pengurus Besar Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia yang disetujui oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dan Gubernur Jawa Barat karena kondisi Bendung Rentang dianggap lebih siap untuk mengadakan perlombaan tersebut.

Perlombaan Canoe Slalom digelar di saluran induk Cipelang yang berada pada intake kiri bendung rentang. Intake kiri ini akan dibagi menjadi 2 bagian. Bagian kanan intake kiri akan digunakan menjadi tempat perlombaan sedangkan bagian kanan tetap berfungsi sebagai saluran irigasi. Panjang lintasan yang disiapkan mencapai 450 meter. Panjang dibagi menjadi beberapa bagian lintasan seperti lintasan warming up sepanjang 150 meter lintasan perlombaan sepanjang 200 meter dan sisanya digunakan untuk persiapan peserta.

Bendung Rentang merupakan infrastruktur Sumber Daya Air yang bermanfaat untuk mengairi irigasi di kab. Majalengka dengan total layanan irigasi seluas 87.803 ha dan melayani kebutuhan air irigasi untuk kab. Cirebon, Majalengka dan Indramayu. Dari ketiga kabupaten di atas indramayu menjadi kabupaten dengan areal irigasi terluas dengan total 66.612 ha.

Pada pertandingan hari ini, Kamis, 23 Agustus 2018, Canoe Slalom kategori Canoe Single (women) yang menjadi mendapatkan medali emas adalah Chen Shi (China), medali perak adalah Chen Weihan (Taipei) dan medali perunggu adalah Duanglawa Atcharapor (Thailand). Sedangkan untuk kategori Kayak (Men) yang mendapatkan medali emas adalah Quan Xin (China), medali perak oleh Adachi Kazuya (Jepang) dan medali perunggu Husslein Hermann Ludwig (Thailand).

Atlet Canoe Slalom untuk kategori Canoe Single (C1) Women, Reski Wahyuni (Indonesia) berharap agar kedepannya dapat lebih meningkatkan prestasi untuk olahraga Canoe Slalom dan berusaha lebih keras lagi untuk pencapaian waktu yang lebih cepat. “Untuk selanjutnya saya akan fokus pada pertandingan Canoe di Thailand pada bulan Oktober nanti, semoga saya bisa menjadi juara,” imbuh Resti Wahyuni. (tin, ams kompuSDA)

Terima kasih telah berpartisipasi merespon kuis ini..

Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR
Facebook: Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat
Twitter: @kemenpu
Instagram: kemenpupr
Youtube: kemenpu
#SigapMembangunNegeri

Berita Terkait