Pelatihan dan Sertifikasi PBJ di Bapekom PUPR Wilayah VIII Resmi Ditutup

Pelatihan dan Sertifikasi PBJ di Bapekom PUPR Wilayah VIII Resmi Ditutup

473 Print

Makassar, 02 Desember 2022 – Indonesia telah melakukan reformasi pengadaan barang/jasa pemerintah yang dimotori oleh LKPP.  Dari semula yang hanya merupakan tugas administratif dan ad-hoc beralih menjadi tugas yang strategis dengan melibatkan pengelola pengadaan barang/jasa yang profesional dan permanen (Perpres No.12 tahun 2021 tentang pengadaan barang dan jasa).


Kementerian PUPR juga telah melakukan reformasi organisasi, dimana unit pengadaan barang dan jasa adalah berdiri sendiri yang terlepas dari pelaksana atau pemilik dari barang dan jasa yang diadakan. Harapannya bertujuan agar proses pengadaan ini menjadi independen dan dijamin akuntabilitasnya.


Menutup pidatonya, Moeh Adam menyampaikan, “Peserta yang telah mengikuti pelatihan dan lulus uji kompetensi/sertifikasi PBJ Level-1 dapat menjalankan tugas PBJ dan memahami dengan baik filosofi dari pengadaan barang dan jasa dalam penyelenggaraan jasa konstruksi. Tidak sekedar menjalankan tugas pengadaan tetapi memaknai proses sebagai suatu sistem pengadaan yang dapat dipertanggungjawabkan.”


Kurikulum Pelatihan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah ini sebanyak 56 Jam Pelajaran (JP), yang dilaksanakan dengan metode Klasikal/Tatap Muka pada tanggal 28 s.d 01 Desember 2022 dan dilanjutkan dengan Ujian Sertifikasi Level 1 pada tanggal 02 Desember 2022.


Dari hasil Ujian sertifikasi yang berhasil lulus sebanyak 17 orang atau 43,6 % . Adapun 3 peserta Ujian Sertifikasi dengan nilai terbaik pelatihan ini diraih oleh : Terbaik pertama Rizhal Adi Rahmawan dari Balai Pelaksanaan Jalan Nasional Merauke; terbaik kedua Muhamad Haikal Abdullah dari Balai Pelaksanaan Jalan Nasional Gorontalo; terbaik ketiga Muhammad Hasrul Ansar dari Balai Pelaksanaan Jalan Nasional Sulawesi Tenggara.

Apakah informasi di atas cukup membantu?

Berita Terkait