Mempersiapkan SDM Unggul Melalui Penilaian Potensi Dan Kompetensi

Mempersiapkan SDM Unggul Melalui Penilaian Potensi Dan Kompetensi

Jakarta, 7 April 2021 - Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo mencanangkan Visi Indonesia 2045 yang salah satu diantaranya adalah Pembangunan Sumber Daya Manusia dan Penguasaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. Pembangunan sumber daya manusia yang unggul, terampil dan menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi merupakan aset pembangunan nasional, karena membangun manusia Indonesia adalah investasi untuk menghadapi masa depan dan melapangkan jalan menuju Indonesia maju. Indonesia maju akan dapat dicapai bila kita mempersiapkan secara sungguh-sungguh dan bersinergi dalam pembangunan sumber daya manusia, agar dapat bergerak cepat memenangkan persaingan dan diperhitungkan oleh negara-negara maju dunia.


Sebagai salah satu upaya mempersiapkan SDM Unggul, Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (BPSDM PUPR) melalui Pusat Pengembangan Talenta menyelenggarakan Penilaian Potensi Dan Kompetensi Untuk Perpindahan Jabatan Fungsional Bidang PUPR, Penilaian Kompetensi Teknis Online Pejabat Administrator Dan Pejabat Pengawas Gelombang 3 Serta Penilaian Potensi Dan Kompetensi Online Subkoordinator Gelombang 2 di Lingkungan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat secara daring pada 7 s.d 9 April 2021 yang dilaksanakan oleh Balai Penilaian Kompetensi Jakarta.


Kepala Pusat Pengembangan Talenta, Rudy Ridwan Effendi dalam sambutan pembuka mengatakan, “Insan PUPR harus mampu mengubah cara kerjanya yang konvensional menjadi Out of the box dengan berpikir lebih kreatif dan inovatif dengan memanfaatkan teknologi terkini secara maksimal dalam melaksanakan tugas maupun menemukan solusi sehingga target-target organisasi dapat tercapai dengan optimal dalam rangka meningkatkan kuantitas dan kualitas infrastruktur Indonesia,”ungkap Rudy.


Rudy menambahkan Kementerian PUPR juga harus mampu menjawab tantangan besar dalam menghadapi Visium Kementerian PUPR 2030, yakni: Bendungan multifungsi untuk memenuhi kapasitas tampung 120 m3/kapita/tahun; 100% Smart Living (Hunian Cerdas); dan Jalan 99% mantap dengan memanfaatkan sebanyak-banyaknya materi lokal dan menggunakan teknologi recycle yang terintegrasi antar moda. Para pejabat Administrator, pejabat Pengawas, pejabat fungsional Utama, maupun subkoordinator mempunyai peran penting dan strategis atas terwujudnya pembangunan infrastruktur yang tercakup dalam Visium 2030 tersebut, sehingga menuntut adanya kompetensi yang sesuai dengan perannya masing-masing, sehingga mampu merespon isu strategis Kementerian PUPR sesuai dengan level kewenangannya.


Selain itu, Rudy mengatakan Kementerian PUPR telah menerapkan sistem Merit artinya kebijakan Manajemen PNS berdasarkan kualifikasi, kompetensi dan kinerja. “Oleh karena itu penting bagi kami Kementerian PUPR memiliki data kompetensi Bapak/Ibu sekalian karena nantinya seluruh pergerakan baik itu promosi, rotasi maupun mutasi itu harus berdasarkan data dari penilaian kompetensi ini yang tentu saja dengan penilaian kinerja,”tambahnya.


Maka dengan pelaksanaan Penilaian Potensi dan Kompetensi ini diharapkan dapat memotret profil kompetensi pegawai yang bersangkutan sehingga dapat digunakan untuk memberikan pengembangan yang diperlukan serta penempatan yang sesuai dengan potensi dan kompetensi masing-masing pegawai.


Peserta yang mengikuti Penilaian Potensi dan Kompetensi Untuk Perpindahan Jabatan Fungsional Bidang PUPR sebanyak 1 orang, Penilaian Potensi dan Kompetensi Online Pejabat Administrator dan Pejabat Pengawas sebanyak 37 orang dan peserta Penilaian Potensi dan Kompetensi Online Subkoordinator sebanyak 65 orang. (Kompu BPSDM)


Apakah informasi di atas cukup membantu?

Berita Terkait