Lokasi Magang Program Magister Superspesialis Difokuskan Pada Proyek Strategis di Seluruh Indonesia

Lokasi Magang Program Magister Superspesialis Difokuskan Pada Proyek Strategis di Seluruh Indonesia

159 4 Print

Pusat Pengembangan Kompetensi (Pusbangkom) Sumber Daya Air (SDA) dan Permukiman menggelar Lokakarya Monitoring dan Evaluasi Pendidikan Program Magister Super Spesialis Bidang SDA dan Permukiman Tahun Anggaran 2022 di Soreang, Kabupaten Bandung, Jumat (25/11/2022).


Kegiatan ini digelar untuk melaporkan hasil monitoring dan evaluasi pelaksanaan Pendidikan Program Magister Super Spesialis Bidang Sumber Daya Air dan Permukiman Tahun Anggaran 2022, sekaligus meminta masukan/kritikan untuk peningkatan kualitas penyelenggaraan pada tahun berikutnya.


Program Pendidikan Magister Super Spesialis ini ditargetkan dan diprioritaskan bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) muda potensial di Kementerian PUPR dalam rangka mewujudkan PNS Kementerian PUPR yang memiliki keahlian teknis spesifik infrastruktur bidang ke-PU-an serta memiliki kemampuan dalam problem solving terhadap pekerjaan yang ada di lapangan.


Kepala Bidang Manajemen Sistem dan Pelaksanaan Pengembangan Kompetensi, Pusbangkom SDA dan Permukiman, Dr. Fitri Riandini, S.Si, MT. menyampaikan bahwa Program Magister Super Spesialis ini dilengkapi dengan program magang dimana lokasi magang disesuaikan dengan program studi karyasiswa magister super spesialis. Lokasi magang dipusatkan di lokasi proyek-proyek pembangunan strategis di seluruh Indonesia yang di lingkungan UPT Kementerian PUPR, BUMN, dan BUMD.


“Pemilihan topik magang harus sudah disesuaikan dengan permasalahan di lokasi magang dan disarankan menjadi topik penyusunan tesis. Lokasi magang dan studi kasus selama magang juga disarankan inline dengan penyusunan tesis,” ujar Fitri.


Saat ini Pusbangkom SDA dan Permukiman dalam Pengembangan Kompetensi melalui Pendidikan telah menyelenggarakan Kerjasama Pendidikan Magister Super Spesialis dengan 4 Perguruan Tinggi Negeri Mitra, diantaranya, Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Diponegoro (UNDIP), Universitas Gadjah Mada (UGM) dan Institut Teknologi Sepuluh November (ITS).


Para peserta Program Magister Super Spesialis yang PNS muda Kementerian PUPR berpotensi atau high flyer diharapkan mampu menjadi pemimpin masa depan di Kementerian PUPR, atau menjadi pimpinan di BUMN mitra kerja Kementerian PUPR.


“Pegawai-pegawai pilihan yang ditugaskan oleh unit organisasinya selama menjalankan tugas Negara diharapkan mampu menjaga kultur budaya kerja insan PUPR. Harus bersungguh-sungguh dan wajib menyelesaikan tugas belajar tepat waktu tentunya tidak ada pilihan untuk memperpanjang masa studi,” harap Fitri.


Setelah menyelesaikan Program Magister Super Spesialis ini, peserta akan bekerja dengan membawa pengetahuan dan ketrampilan yang mumpuni dan siap diterapkan.


“Harapan kami akan dihasilkan SDM yang kompeten dan berintegritas dalam rangka mendukung penyediaan infrastruktur Bidang PUPR yang handal,” pungkas Fitri.


Adapun diantaranya kegiatan ini dihadiri 25 orang yang terdiri dari Kaprodi MPSDA ITB, Kaprodi MTS Undip, Dr. Dadang Sukirman, S.Pd., M.Pd (narasumber), Sekretariat Ditjen CK dan Koord Subkoord Pusbangkom SDAP. Serta 40 orang melalui zoom meeting yang terdiri dari Kaprodi MTG UGM, MTPBA UGM, MTL ITS dan Direktorat Teknis dan UPT lokasi magang karyasiswa MSS 2021.

Apakah informasi di atas cukup membantu?

Berita Terkait