BPSDM Wujudkan SDM PUPR Dengan Keahlian Teknis Spesifik dan Kompeten Melalui Program Magister Superspesialis

BPSDM Wujudkan SDM PUPR Dengan Keahlian Teknis Spesifik dan Kompeten Melalui Program Magister Superspesialis

157 12 Print

Yogyakarta 29 Juni 2022- Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) menyelenggarakan Kuliah Umum dan Monitoring Evaluasi Karyasiswa Pendidikan Kedinasan Program Magister Super Spesialis teknik yang merupakan kerja sama Kementerian PUPR dengan Perguruan Tinggi Mitra, salah satu diantaranya adalah Universitas Gadjah Mada (UGM). Program Magister Superspesialis diselenggarakan dalam rangka mempersiapkan SDM PUPR yang memiliki keahlian teknis yang spesifik guna mencapai Visium PUPR 2030.


Kepala BPSDM, Khalawi dalam kuliah umumnya yang berjudul “Pembangunan Infrastruktur Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Bidang PUPR” memberikan arahan terkait kebijakan pembangunan infrastruktur PUPR. “Sesuai dengan arahan Bapak Presiden Jokowi, Kementerian PUPR harus mampu mempercepat dan melanjutkan pembangunan infrastruktur sebagai Program Prioritas Nasional 2020-2025."


"Tentunya tujuan ini bisa terlaksana jika didukung dengan SDM PUPR yang mempunyai keahlian teknis yang spesifik dan kompeten”,tegas Khalawi. Selain itu Bapak Menteri PUPR juga mengamanatkan ada tiga fokus pendekatan pembangunan yaitu Fokus pada Kualitas, Agenda OPOR (Optimalisasi, Pemeliharaan, Operasi, Rehabilitasi) dan Fokus pada Program Prioritas Selektif.


Sementara itu, Wakil Dekan Bidang Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat, dan Kerja sama, Ali Awaludin, dalam sambutannya mengatakan,”Para karyasiswa Program Magister Super Spesialis ini harus dapat memanfaatkan waktu belajar dengan sebaik-baiknya karena dengan tiga semester ini harus dapat menghasilkan para lulusan yang ahli dan berkarakter serta memiliki sense nasionalisme dan dapat bermanfaat bagi masyarakat. Selain itu, UGM sangat berterima kasih kepada Kementerian PUPR karena terus menjalin Kerja sama Pendidikan kedinasan. Setelah kuliah umum, kegiatan ini dilanjutkan dengan perwalian untuk memberikan motivasi kepada para karyasiswa untuk dapat menyelesaikan studinya agar tepat waktu dan memastikan program magang dapat terlaksana dengan baik."


“Saudara merupakan wajah masa depan SDM PUPR kita semua, kesempatan program magister super spesialis ini menjadi bekal untuk dapat bersaing dan persaingan itu dapat menciptakan SDM yang berkualitas,”ungkap salahsatu anggota Tim Pakar Pengembangan SDM Kementerian PUPR, Ir. Widiarto, Sp.1 yang turut hadir dalam memberikan motivasi kepada karyasiswa.


Kegiatan Kuliah Umum dan Monev yang diselenggarakan di Ruang Rapat Biru Departemen Teknik Sipil dan Lingkungan kampus UGM ini dihadiri oleh Wakil Dekan Bidang Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat, dan Kerja sama, Ir. Ali Awaludin, S.T., M.Eng., Ph.D., IPM, ACPE; Kepala BPSDM, Dr. Ir. Khalawi AH, M.Sc., M.M., IPU; Kepala Pusat Pengembangan Kompetensi Jalan, Perumahan, dan PIW; Kepala Pusat Pengembangan Kompetensi SDA dan Konstruksi; Kaprodi Magister Teknik Pengelolaan Bencana Alam; Kaprodi Program Studi Magister Teknik Geologi; serta para karyasiswa.


Adapun peserta yang mengikuti kuliah umum ini adalah mahasiswa S2 Teknil Sipil dan Teknik Geologi UGM secara online dan karyasiswa kerja sama program magister super spesialis berasal dari Program Studi Magister Magister Teknik Pengelolaan Bencana Alam (Konsentrasi Teknik Mitigasi  Bencana Alam Likuifaksi dan Teknik Pengelolaan & Mitigasi Bencana Rawa) dan Magister Teknik Geologi (Konsentrasi Geologi Struktur Bawah Tanah/Terowongan dan Rekayasa Eksplorasi  & Eksploitasi Air Tanah Dalam) dan peserta umum.

Terima kasih telah berpartisipasi merespon kuis ini..

Berita Terkait