BPSDM Selenggarakan Pelatihan Pengelolaan Sumber Daya Air Terpadu di Bapekom PUPR Wilayah IX Jayapura

BPSDM Selenggarakan Pelatihan Pengelolaan Sumber Daya Air Terpadu di Bapekom PUPR Wilayah IX Jayapura

321 84 Print

Jayapura, 12 Juli 2022-  Kependudukan, permukiman dan pencemaran, sampah DAS kritis, kekeringan dan banjir adalah masalah-masalah yang sering dan cenderung rutin muncul. Hal itu memerlukan pengelolaan yang terpadu menyeluruh dan berkesinambungan 


melalui Pengelolaan Sumber Daya Air secara Terpadu (PSDAT). Untuk itu, Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) mengadakan Pelatihan Pengelolaan Sumber Daya Air Terpadu dibuka Selasa (12/7), di Balai Pengembangan Kompetensi PUPR Wilayah IX Jayapura.


Kepala Pusat Pengembangan Kompetensi SDA dan Permukiman Ruhban Ruziyatno dalam pidato pembukanya mengatakan,”Dengan pelatihan ini ditunjukan untuk meningkatkan pengembangan dan pengelolaan air, lahan dan sumber daya terkait secara terkoordinasi demi tercapainya kesejahteraan ekonomi dan sosial yang maksimum dengan cara yang adil dan secara mutlak mempertahankan keberlanjutan ekosistem yang vital.”


Pengelolaan Sumber Daya Air Terpadu (PSDAT) adalah proses yang ditujukan untuk meningkatkan pengembangan dan pengelolaan air, lahan dan sumber daya terkait secara terkoordinasi demi tercapainya kesejahteraan ekonomi dan sosial yang maksimum dengan cara yang adil dan secara mutlak mempertahankan keberlanjutan ekosistem yang vital.


Ruhban juga berpesan kepada 32 peserta yang akan mengikuti pelatihan ini hingga 22 Juli mendatang agar materi yang akan diberikan dapat diaplikasikan ketika menghadapi kasus nyata di unit kerja masing-masing.


Dengan total 64 Jam Pelajaran (JP) dengan metode distance learning, adapun materi yang akan dipaparkan yaitu; Konsepsi Keterpaduan Pengelolaan Sumber Daya Air; Konservasi Sumber Daya Air; Pendayagunaan Sumber Daya Air; Pengendalian Daya Rusak Air; Sistem Informasi dan Data Sumber Daya Air dan Pemberdayaan Masyarakat dan Penyelesaian Konflik.

Apakah informasi di atas cukup membantu?

Berita Terkait