BPSDM Selenggarakan Pelatihan Kepemimpinan Administrator Angkatan ke III di Bapekom VI Surabaya

BPSDM Selenggarakan Pelatihan Kepemimpinan Administrator Angkatan ke III di Bapekom VI Surabaya

199 11 Print


Surabaya, 21 September 2022 –  Pegawai Negeri Sipil sebagai salah satu aset penting dalam organisasi pemerintah, untuk itu perlu mempersiapkan diri untuk menghadapi semua tantangan ke depan. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan menerapkan adaptasi dalam pembuatan dan implementasi kebijakan serta dalam peningkatan kompetensi manajerial bagi para pejabat administrator. BPSDM melalui Balai Pengembangan Kompetensi PUPR Wilayah VI Surabaya menyelenggarakan Pelatihan Kepemimpinan Administrator (PKA) yang resmi dibuka Rabu (21/9).


Kepala Badan Pengembangan SDM Kementerian PUPR  Khalawi A.H dalam arahan dan sambutan pembukaan mengatakan,”Salah satu upaya peningkatan kompetensi manajerial adalah melalui Pelatihan Kepemimpinan Administrator. PKA ini merupakan syarat pemenuhan standar kompetensi yang diperlukan sebagai seorang pejabat administrator. Standar kompetensi yang dikembangkan melalui pelaksanaan PKA ini adalah kompetensi kepemimpinan manajemen kinerja untuk menjamin terlaksananya akuntabilitas Jabatan Administrator, yaitu kemampuan dalam memimpin pelaksanaan kegiatan yang telah direncanakan dengan baik dan efisien sesuai dengan standar operasional prosedur dan terselenggaranya peningkatan kinerja secara berkesinambungan”.


“PKA ini diselenggarakan dengan memanfaatkan teknologi dalam metode pembelajarannya. Hal ini dilakukan sebagai sebuah bentuk adaptasi dari dampak pandemi Covid-19 yang memaksa kita untuk tetap meningkatkan inovasi meskipun menghadapi keterbatasan. Penguasaan dan pengunaan teknologi di era industri 4.0 (bahkan sebetulnya sudah akan memasuki industri 5.0) adalah sebuah keharusan agar kita tidak tertinggal dari bangsa lain dan mewujudkan world class government pada tahun 2024 sebagaimana ditetapkan dalam roadmap Reformasi Birokrasi,” imbuh Khalawi A.H.


Pelatihan Kepemimpinan Administrator (PKA) Angkatan III Kementerian PUPR bertujuan agar peserta dapat memenuhi standar kompetensi manajerial dan mengembangkan kompetensi kepemimpinan bagi pejabat administrator sebagaimana diatur dalam peraturan perundang-undangan. Diharapkan nantinya peserta pelatihan akan dapat menjadi sosok pemimpin yang memiliki kriteria kepemimpinan Manajemen Kinerja, yang mampu mewujudkan birokrasi yang berdaya saing dan mampu menggerakkan sebuah organisasi demi mencapai organisasi yang berkinerja tinggi.


Pelatihan dimulai 15 Agustus 2022 sampai  09 Desember 2022 dengan penjadwalan sebagai berikut; Massive Open Online Course (MOOC)/Pembelajaran Mandiri 15 - 29 Agustus 2022; Distance Learning 30 Agustus - 15 September 2022; Massive Open Online Course MOOC)/Pembelajaran Mandiri  16 - 20 september 2022;  Klasikal hadir di bapekom Surabaya 21 September sampai  07 Oktober 2022; Implementasi Aksi Perubahan/Off Campus - 08 Oktober sampai  06 desember 2022;  Klasikal hadir di Bapekom Surabya  07 – 09 Desember 2022.


Peserta Pelatihan Kepemimpinan Administrator diikuti sebanyak 30 orang, dimana 28 orang merupakan pejabat Administrator dari Unit Organisasi Kementerian PUPR. Peserta akan dibekali dengan beragam pembelajaran meliputi kepemimpinan Pancasila dan nasionalisme, kepemimpinan kinerja, manajemen kinerja serta aktualisasi kepemimpinan.


Tenaga Pengajar pada Pelatihan Kepemimpinan Administrator ini adalah Pejabat Struktural dan Widyaiswara di Lingkungan Kementerian PUPR dan Narasumber dari Lembaga Administrasi Negara, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi serta Badan Pembinaan Ideologi Pancasila.

Apakah informasi di atas cukup membantu?

Berita Terkait