BPSDM Evaluasi Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi Untuk Mendukung Penerapan SPBE

BPSDM Evaluasi Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi Untuk Mendukung Penerapan SPBE

Bogor, 7 April 2021 - Sesuai dengan Peraturan Menteri Pekerjaan Umum danPerumahan Rakyat Republik Indonesia Nomor 27 Tahun 2020tentang Penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik(SPBE) bahwa untuk mewujudkan tata kelola pemerintahanyang bersih, efektif, transparan, dan akuntabel, serta pelayanan publik yang berkualitas dan terpercaya, perlumelakukan penerapan sistem pemerintahan berbasiselektronik dengan memanfaatkan teknologi informasi dankomunikasi (TIK) untuk memberikan layanan kepada Pengguna.Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalampendidikan dan pelatihan menjadi salah satu faktor dalamupaya memecahkan tiga isu strategis yaitu perluasan danpemerataan pemanfaatan TIK, peningkatan mutu danrelevansi serta good governance dan akuntabilitas.  


Dalam rangka melihat sejauhmana pelaksanaan teknologi informasi dan komunikas di Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) maka dilakukan pembahasan Evaluasi Pemanfaatan TIK Triwulan pada 7-8 April 2021 di Bogor, yang bertujuan untuk mempermudah dan mempercepat pekerjaan dalam hal pengelolaan data serta memberikan pengetahuan dan kemampuan para peserta agar dapat melaksanakan pekerjaan dengan cepat, efektif dan efisien.


Sekretaris BPSDM Herman Suroyodalam sambutan pembukanya mengatakan bahwa teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) sudah semakinberkembang serta memberikan pengaruh terhadap berbagaibidang, dengan dimulai gelombang pertama timbul dalam 3bentuk teknologi pertanian. Gelombang kedua timbul dalambentuk teknologi industri. Kini, gelombang ketiga yangditandai dengan pesatnya perkembangan teknologielektronika dan informatika. "Dengan perkembangan yangcukup pesat tersebut, kita harus mampu menggunakanteknologi informasi dan komunikasi sehingga mempermudahproses mentransfer suatu gagasan dan menyamakanpersepsi,"ujar Herman.

Terkait pemanfaatan TIK di BPSDM PUPR, beberapa hal yang telah dllakukan BPSDM untuk meningkatkan konsep metode pembelajaran, antara lain peningkatan Infrastruktur Jaringan dengan minimal bandwitdh yang disediakan 150 mbps dedicated dan terdapat jalur isp cadangan dan menciptakan metode kunjungan lapangan dengan pemanfaatan drone. Selain itu dikembangkan ruang studio proses kegiatan mengajar dan belajar serta proses pembangunan smartroom dan smartbangkom yang telah dan sedang dibangun pada tiap-tiap unit kerja di BPSDM. Beberapa pemanfaatan teknologi dan informasi di BPSDM lainnya adalah pemanfaatan layanan BsrE dalam hal tanda tangan elektronik, peningkatan LMS (learning manajemen system) yang disebut dengan ePelatihan, pengelolaan aset ilmu pengetahuan dengan sistem SiMantu. dan meningkatkan keamanan/security aplikasi/sistem yang ada di BPSDM dengan melakukan Pentes.


Pelatihan yang diikuti oleh 57 peserta yang berasal dari seluruh unit kerja di lingkungan BPSDM ini dilaksanakan di IPC Learning & Consulting - PT PMLI Bogor, dengan narasumber yang berasal dai IPC Learning & Consulting - PT PMLI, Universitas Indonesia dan Pusat Data dan Teknologi Informasi Kementerian PUPR.

Terima kasih telah berpartisipasi merespon kuis ini..

Berita Terkait