Slide 1

Berita Berita BPPSPAM > BPPSPAM Dukung PDAM Tingkatkan Kinerja


Jumat, 09 Februari 2018, Dilihat 81 kali

Dalam rangka peningkatan kinerja PDAM, PDAM Tanjung Pinang, PDAM Tanah Datar dan PDAM Jayapura melakukan kunjungan ke Sekretariat Badan Peningkatan Penyelenggaraan Sistem Penyediaan Air Minum (BPPSPAM) Jumat (9/02/2018).

Pada kesempatan kunjungan tersebut, PDAM-PDAM ini diterima oleh Plt Anggota BPPSPAM unsur Pemerintah, Ir. M.Aulawi Dzin Nun Msc, Kabag Pelayanan Informasi dan Kerjasama, Kabag Perencanaan dan Pelaporan, Kabag Dukungan Teknis dan didampingi oleh Advisor BPPSPAM, Ir. Budi Sutjahjo, MT dan Drs. Rifqi Basrie, MSi serta staff BPPSPAM.

Pada kesempatan tersebut setiap Direksi dan Ketua Pengawas dari masing-masing PDAM menyampaikan bahwa kunjungan PDAM kali ini adalah dalam rangka untuk mendapatkan informasi terkait kinerja PDAM dan menyampaikan kendala yang dialami  oleh PDAM salah satunya adalah Tingkat Kebocoran Air (NRW) yang cukup tinggi.

Pada sambutannya Aulawi menyampaikan 3 PDAM ini termasuk dalam katagori sehat semua terutama PDAM Jayapura peringkat pertama di provinsi Papua lalu ada PDAM Tanjung Pinang Peringkat ke 2 di Provinsi Kepulauan Riau dan terakhir PDAM Tanah Datar yang peringkat ke 5 di provinsi Sumatra Barat.

Direksi PDAM Jayapura menjelaskan bahwa tahun 2017 PDAM Jayapura menghapus 2500 pelanggan dari 34.500sr menjadi 32.000sr ini karena pelanggan yang terdaftar di PDAM namun dilapangan tidak ada, penghapusan ini berdampak cukup signifikan terhadap penilaian kinerja PDAM Jayapura, lalu Ketua Dewan pengawas PDAM Tanjung Pinang juga menyampaikan kendala yang dialami mempunyai kesulitan air baku dan tingkat kebocoran air (NRW) sampai 40% dan Ketua Badan Pengawas Daerah PDAM Tanah Datar juga mengalami kebocoran air 38% dan juga pembaca meter yang tidak berfungsi.

Untuk mengatasi permasalahan ini, PDAM harus melakukan langkah-langkah perbaikan kinerja baik teknis maupun non teknis seperti  pergantian pipa distribusi yang umurnya lebih dari 5 tahun, dan juga pengendalian kebocoran air bisa dilakukan baik teknis maupun non teknis, Pada kunjungan ini PDAM Jayapura berharap Selain itu Direksi PDAM Jayapura berharap BPPSPAM bisa membantu meningkatkan kinerja PDAM dalam Tingkat Kebocoran Air (NRW).