Slide 1

Berita PUPR > Dukung Program Sejuta Rumah, Kementerian PUPR Bangun Rusun Dan Rusus Di Kota Magelang


Selasa, 16 Januari 2018, Dilihat 163 kali

Magelang – Komisi V DPR-RI yang dipimpin oleh Ketua Tim, Fary Djemy Francis, beserta mitra kerja Kementerian PUPR melakukan kunjungan kerja ke Kota Magelang, Jawa Tengah pada hari Kamis, 11 Januari 2018. Dalam kunjungan ini, rombongan Komisi V meninjau Rumah Susun (Rusun) Potrobangsan. Kasubdit Standar dan Pedoman Ditjen Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR, Yusuf Hariagung menjelaskan bahwa rusun yang terdiri dari 5 lantai ini dibangun sejak tahun 2013 oleh Ditjen Cipta Karya. Terdapat 98 unit dengan tipe hunian 24 yang saat ini disewakan bagi keluarga yang berpenghasilan rendah. Namun kedepannya diharapkan rusun yang diperuntukkan bagi keluarga dapat lebih besar dari tipe 24.

Selain mengunjungi Rusun Potrobangsan, Komisi V DPR-RI beserta rombongan juga mengunjungi lokasi tempat akan dibangunnya Rumah Khusus (Rusus) di Kelurahan Wates.  Proyek pembangunan rusus yang sudah dialokasikan pada tahun 2018 ini nantinya akan diperuntukkan bagi pekerja sektor informal, warga miskin, serta warga di daerah rawan bencana longsor dan sosial.

Isu lainnya yang dibahas dalam kunjungan ini adalah Kawasan Wisata Gunung Tidar yang terdapat di Kota Magelang. Gunung Tidar merupakan salah satu destinasi wisata yang setiap tahun dikunjungi oleh lebih dari 147.000 pengunjung. Berbagai festival budaya juga sering digelar di kawasan tersebut. Kedepannya, Pemerintah Kota Magelang berencana menambah satu fasilitas yang cukup spektakuler di Gunung Tidar, yaitu pembuatan eskalator. Kementerian PUPR melalui Ditjen Cipta Karya pun telah memfasilitasi selama 3 tahun untuk penataan dan revitalisasi Kawasan Gunung Tidar, yaitu dari tahun 2014 hingga tahun 2016 di wilayah kota, dan tahun 2017 di wilayah kabupaten. “Harapan kami, fasilitasi yang kami berikan dari tahun 2014-2016 bisa dirawat di Kota Magelang sehingga manfaatnya terus berlanjut”, kata Dian Irawati, Kasubdit Penataan Bangunan dan Lingkungan Khusus Ditjen Cipta Karya.