Slide 1

Berita Berita Ditjen Cipta Karya > Kaleidoskop Peristiwa dan Pemberitaan Ditjen Cipta Karya 2017


Rabu, 03 Januari 2018, Dilihat 270 kali

Tahun 2017 baru saja berlalu, banyak kegiatan yang telah dirampungkan oleh Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) antara lain berupa pembangunan infrastruktur seperti penataan kawasan Gelora Bung Karno Jakarta 2017 dalam menyambut event Asia Games 2018, yang baru saja diresmikan bulan Desember 217 oleh Presiden Joko Widodo. Empat venue olah raga di Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta, yaitu Lapangan Hockey, Lapangan Sepak Bola A/B/C, Lapangan Panahan, dan Stadion Renang Aquatic. Selain itu Ditjen Cipta Karya juga melakukan aksi tanggap darurat bencana di beberapa daerah yang terkena musibah seperti, gempa bumi, banjir, dan tanah longsor diantaranya korban banjir di Kota Bitung Provinsi Sulut. Pada tahun yang sama Ditjen Cipta Karya telah menyelesaikan IPAL UNS dan akan segera membangun IPAL Sungai Selayur di Palembang. Selain itu, Ditjen Cipta Karya menggandeng Pemerintah Perancis bangun permukiman berkelanjutan serta pembangunan infrastruktur bidang Cipta Karya lainnya. Melalui website ciptakarya.pu.go.id , Ditjen Cipta Karya selalu berusaha menampilkan berbagai berita terkait kegiatan dan capaian seluruh unit kerjanya. Sebelum beranjak ke tahun 2018, kami merangkum setiap kegiatan yang selama ini dikerjakan oleh Ditjen Cipta Karya.
 

Januari

 Cipta Karya Gelar Rapat Konsolidasi Awal Pelaksanaan Kegiatan TA 2017 

APBN merupakan instrumen fiskal untuk mendukung program pengentasan kemiskinan, pengurangan ketimpangan antar daerah, dan penciptaan lapangan kerja. Kebijakan belanja APBN adalah peningkatan kualitas belanja produktif dan kegiatan yang prioritas dengan fokus percepatan pembangunan infrastruktur.  Penggunaan dana APBN harus tepat sasaran dan sesuai ketentuan. Direktorat Jenderal Cipta Karya (DJCK) diharapkan memberikan kontribusi dalam upaya pertumbuhan ekonomi dengan realisasi belanja infrastruktur yang berkualitas, melalui proyek-proyek strategis nasional. Hal tersebut merupakan prioritas program Ditjen Cipta Karya yang diungkapkan oleh Dirjen Cipta Karya Sri Hartoyo, dalam Rapat Konsolidasi Awal Pelaksanaan Kegiatan di Lingkungan Ditjen Cipta Karya TA 2017, Senin (16/01/2017) di Ruang Sapta Taruna Gedung Cipta Karya, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.  

Februari 

Cipta Karya Bantu Atasi Permasalahan Pembangunan Keraton Kasunanan Surakarta 

Dirjen Cipta Karya Sri Hartoyo menghadiri Rapat Koordinasi yang diadakan oleh Pemerintah Daerah Jawa Tengah dengan sejumlah kementerian, di Kantor Gubernur Provinsi Jawa Tengah, Selasa (07/02/2017). Tujuan dari rakor yaitu untuk membahas permasalahan Pembangunan Keraton Kasunanan Surakarta. Rakor ini juga merupakan tindak lanjut dari  arahan Presiden terkait perkembangan terakhir di Keraton Kasunanan Surakarta, dimana pasca penandatanganan Nota Kesepahaman rekonsiliasi Keraton Kasunanan Surakarta.

 

Cipta Karya Salurkan Air Bersih untuk Korban Banjir di Kota Bitung 

Cuaca buruk di Provinsi Sulawesi Utara sejak awal tahun mengakibatkan beberapa kota/kabupaten terkena bencana banjir dan tanah longsor. Salah satunya yang dilanda banjir yaitu Kota Bitung, khususnya di Kelurahan Tandurusa, Kecamatan Aertembaga, Kota Bitung pada Minggu (12/02/2017). Untuk mengurangi beban masyarakat pasca terkena bencana banjir, pemerintah melalui Satuan Kerja Pengembangan Sistem Penyediaan Air Minum (Satker PSPAM) Provinsi  Sulawesi Utara Ditjen Cipta Karya bekerja sama dengan PDAM Kota Bitung menyalurkan air bersih ke lokasi pengungsian dan beberapa titik yang terkena bencana banjir. 

Maret

 

Dirjen Cipta Karya Resmikan IPAL UNS 

Direktur Jenderal Cipta Karya Sri Hartoyo meresmikan IPAL UNS berkapasitas 1.290 m³/hari sekaligus melakukan serah terima pengelolaan IPAL UNS di kawasan Kampus UNS, Kecamatan Jebres, Kota Surakarta, Kamis (9/3/2017).­ Peresmian IPAL UNS masih dalam rangkaian acara Dies Natalis Universitas Negeri Surakarta (UNS) ke-41. Kegiatan ini turut dihadiri oleh anggota Komisi V DPR RI Sujadi, Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Agus Santoso, perwakilan dari akademis Universitas Gadjah Mada Wahyu Sardjono, Kepala Dinas PUPR Surakarta Endah Sitaresmi, Kasubdit Air Limbah Kementerian PUPR Suharsono Adi Broto dan Kepala Satker PPLP Provinsi Jawa Tengah Hasir. 

 

April 

Barang Milik Negara senilai Rp. 774 Miliar Diserahkan Kepada Pemerintah Daerah 

Barang Milik Negara (BMN) merupakan semua barang yang dibeli atau diperoleh atas beban Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) atau berasal dari perolehan lainnya yang sah. Pengelolaan BMN sangat perlu dilakukan, sebagai bentuk pengawasan pekerjaan yang sudah dimandatkan masyarakat kepada pemimpin negara, dan salah satunya yaitu berupa pemindahtanganan atau penyerahan aset. Hal tersebut diungkapkan Sekretaris Jenderal Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Anita Firmanti pada acara Penandatanganan Naskah dan Berita Acara Serah Terima Hibah BMN dari Ditjen Cipta Karya kepada Pemerintah Daerah dan Yayasan atau Lembaga di Jakarta, Rabu (12/04/2017). 

Mei 

PLBN Skouw, Embrio Kota Baru Perbatasan 

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) yang didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Kepala Staf Kepresidenan Teten Masduki, Panglima TNI Jenderal Gatot Numantyo, Gubernur Papua Lukas Enembe, dan Dirjen Cipta Karya Sri Hartoyo, meresmikan Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Skouw yang terletak di Distrik Muaratami, Kota Jayapura, Selasa (9/5/2017). PLBN merupakan pos pemeriksaan lintas batas orang dan barang yang keluar masuk batas wilayah negara. Pembangunan PLBN Skouw yang merupakan pos perbatasan Indonesia dan Papua Nugini, dimulai sejak 18 Desember 2015. 

Juni 

Cipta Karya Segera Bangun SPAM Regional Durolis 

Penyediaan air minum yang layak di Provinsi Riau menjadi tanggung jawab semua pihak baik pemerintah, masyarakat,maupun peran serta swasta dalam rangka upaya pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) dimana pada akhir tahun 2019 diharapkan 100% masyarakat dapat mengakses layanan aman air minum. Penyelenggaraan pembangunan SPAM Regional Durolis adalah upaya Kementerian PUPR bersama Pemerintah Provinsi Riau dan Pemerintah Kota Dumai, Kabupaten Rokan yang layak bagi masyarakat di ketiga wilayah tersebut. SPAM Regional Durolis diinisiasi oleh Pemerintah Provinsi Riau sebagai bagian dalam perwujudan komitmen Pemerintah Provinsi untuk peningkatan pelayanan dasar publik bidang air minum. SPAM Regional Durolis adalah salah satu skenario pengembangan air minum regional yang akan dikembangkan di seluruh wilayah Provinsi Riau. Hilir dan Kabupaten Bengkalis yang terletak di wilayah pesisir Riau yang secara sinergi akan mewujudkan pelayanan air minum. 

 

Cipta Karya Serahterimakan Rp. 421 Miliar Aset Kepada 49 Pemerintah Daerah 

Direktorat Jenderal Cipta Karya dan 49 Pemerintah Daerah Penerima Hibah Aset melakukan Penandatanganan Naskah dan Berita Acara Serah Terima Hibah Barang Milik Negara (BMN) di Jakarta, Jumat (16/06/2017). Direktur Jenderal Cipta Karya Sri Hartoyo mengatakan, aset BMN yang dihibahkan mempunyai nilai total sebesar Rp. 421 miliar, yang mencakup bidang Pengembangan Sistem Penyediaan Air Minum sebesar Rp. 7,2 miliar yaitu jaringan induk distribusi dan pembawa kapasitas sedang. Untuk bidang Pengembangan Penyehatan Lingkungan Permukiman (PPLP) sebesar Rp. 1,7 miliar yaitu berupa Crawler Excavator. 

Juli 

Wakil Presiden Resmikan Proyek Air Minum Umbulan Pasuruan 

Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) meresmikan kontruksi proyek Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Umbulan, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur, Kamis (20/07/2017). Peresmian tersebut ditandai dengan scanning telapak tangan oleh JK bersama dengan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution, Gubernur Jawa Timur Soekarwo, serta Presiden Direktur PT Indonesia Infrastructure Finance, Arisudono Surono. Setelah itu, JK langsung melihat pembangunan kontruksi proyek ikon air minum di Indonesia itu. Proyek ini akan melayani air bersih bagi 1,3 juta penduduk atau 31.000 sambungan rumah (SR) baru di Provinsi Jawa Timur. Turut hadir pada acara tersebut Bupati Pasuruan Irsyad Yusuf, dan Dirjen Cipta Karya Sri Hartoyo. 

Wapres Jusuf Kala mengapresiasi pembangunan proyek SPAM Umbulan yang sudah direncanakan sejak 45 tahun tersebut, sehingga peresmian tersebut adalah momen yang tidak terlupakan sepanjang sejarah proyek mata air umbulan.

 Agustus

Kementerian PUPR Dukung Infrastruktur Permukiman Kampung Sejahtera Kohod 

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Ditjen Cipta Karya turut mendukung program Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Kerja (OASE-KK) yaitu Kampung Sejahtera Desa Kohod, Kecamatan Pakuhaji, Tangerang. Iriana Jokowi dan Mufidah Jusuf Kalla beserta anggota OASE-KK mengunjungi Desa Kohod ke beberapa titik, Rabu (02/08/2017). Di Desa Kohod, Iriana Joko Widodo  beserta rombongan meninjau langsung berbagai  fasilitas penunjang yang telah dibangun di desa tertinggal tersebut seperti  Posyandu, Pendidikan Anak Usia Dini, Rumah Instan Sederhana Sehat (RISHA), kebun bibit, lapangan bulu tangkis hingga rumah ibadah.

 September

 

Gubernur DIY Canangkan Pemanfaatan SPAM Regional Kartamantul 

Dalam pemenuhan kebutuhan air minum, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Cipta Karya membangun Sistem Pengelolaan Air Minum (SPAM) Regional di beberapa daerah. Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan pembangunan SPAM secara regional lebih efektif karena tidak semua daerah bisa dibangun SPAM. SPAM Kartamantul yang merupakan singkatan dari Yogyakarta, Sleman, dan Bantul yang merupakan singkatan dari Yogyakarya, Sleman, dan Bantul, sebagai penerima manfaat pembangunan SPAM tersebut, dengan sumber air baku berasal dari Sungai Progo. “Sumber airnya satu namun dapat dimanfaatkan untuk beberapa kabupaten. Sumber air tidak dimiliki oleh satu kabupaten tertentu saja Kapasitas air yang dihasilkan mencapai 300 liter/detik dan daya tamping reservoir sebesar 6.000 m3. Cakupan pelayanan air minum ditargetkan mencapai 24.000 sambungan rumah atau setara dengan 120.000 jiwa. Anggaran yang dibutuhkan untuk membangun SPAM Semanggi mencapai Rp 54 miliar dan progress fisiknya sudah 43,08 persen dan ditargetkan rampung 2018. Sementara itu, SPAM Regional Keburejo dibangun untuk melayani daerah Kebumen dan Purworejo mulai dibangun pada tahun 2016 dengan anggaran sebesar Rp 78,8 miliar. Saat ini progres fisiknya telah mencapai 65,71 persen dan ditargetkan selesai pada Desember 2017. Panjang pipa jaringan distribusi utama yang dibangun mencapai panjang 11 km, dengan kapasitas 100 liter per detik dan daya tampung reservoir sebesar 2.000 m³. SPAM Regional Keburejo akan memberikan pelayanan air minum bagi 8.000 sambungan rumah atau 40.000 jiwa. 

Oktober 

Dirjen Cipta Karya Sri Hartoyo Resmikan Rusunawa Kotamara Bau-Bau 

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) yang diwakili oleh Direktur Jenderal Cipta Karya meresmikan penghunian dan pemanfaatan Rumah Susun Sederhana (Rusunawa) Kotamara, Kota Bau-Bau, Sulawesi Tenggara, Selasa (3/10/2017). Hal tersebut ditandai dengan pemotongan pita dan penyerahan kunci secara simbolik oleh Dirjen Cipta Karya Sri Hartoyo, bersama Walikota Bau-bau kepada penghuni Rusunawa.  Sri Hartoyo menyampaikan, Rusunawa merupakan fasilitas yang diberikan oleh pemerintah kepada masyarakat. “Rusunawa merupakan hunian yang diberikan khusus kepada masyarakat berpenghasilan rendah sebagai hunian layak, aman dan terjangkau dengan didukung oleh sarana, prasarana dan utilitas yang memadai,” ujar Sri Hartoyo.

 Pemerintah Indonesia Gandeng Pemerintah Perancis Bangun Permukiman Berkelanjutan 

Dalam rangka implementasi perjanjian antara Pemerintah Republik Indonesia dan Pemerintah Republik Perancis mengenai Kerjasama di Bidang Pembangunan Perkotaan Berkelanjutan yang ditandatangi pada tanggal 29 Maret 2017 lalu, maka dilaksanakan The First Indonesia- France Joint Working Group Meeting On Sustainable Urban Development antara Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Republik Indonesia dengan Ministry for the Ecological and Inclusive Transition of French Republic dan Ministry of Territorial Cohesion of French Republic , di Jakarta, Kamis (19/10/2017). Dalam rapat tersebut juga dilakukan penandatangan kerjasama antara Pemerintah Indonesia dengan Pemerintah Perancis. Dirjen Cipta Karya Sri Hartoyo yang didampingi oleh Direktur Pengembangan PLP Dodi Krispratmadi dan Kasubdit Keterpaduan Perencanaan  Edward Abdurrahman turut hadir dalam rapat tersebut.  

November 

Ditjen Cipta Karya Segera Bangun IPAL Sungai Selayur di Palembang 

Dirjen Cipta Karya dalam acara Ground Breaking Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) Sungai Selayur, Kota Palembang mengungkapkan kegiatan ini merupakan bagian dari kegiatan Palembang City Sewerage Project (PCSP), di Palembang, Kamis(2/11/2017). Selama lima tahun ke depan, Pemerintah Indonesia berencana untuk mengembangan Sistem Pengelolaan Air Limbah Domestik (SPALD) Terpusat Skala Perkotaan sebagai salah satu upaya percepatan untuk mencapai target 100 persen akses sanitasi layak. Beberapa kota yang akan dikembangkan diantaranya, Provinsi DKI Jakarta (Zona 1 dan 6), Kota Jambi, Kota Pekanbaru, Kota Makassar dan Kota Palembang. Kota Palembang dinilai berkomitmen dalam upaya peningkatan pengelolaan air limbah sehingga Pemerintah Pusat mendukung penuh atas upaya tersebut, salah satunya melalui pembangunan PCSP.

 Cipta Karya Gandeng Pemerintah Korea Layani Akses Air Minum 

Dirjen Cipta Karya Sri Hartoyo, Dirjen Sumber Daya Air Imam Santoso, Presiden K-Exim Sung-Soo Eun, dan Presiden K-Water Hak-Soo Lee melakukan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) tentang Kerja Sama Pengembangan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Regional Karian-Serpong antara Ditjen Cipta Karya dan Ditjen Sumber Daya Air Kementerian PUPR dengan Bank Ekspor-Impor Korea (K-Exim), dan Korea Water Resources Corporation (K-Water) di Jakarta, Kamis (9/11/17). Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan Menteri Pertanahan, Infrastruktur, dan Transportasi Korea Selatan (Korsel) Kim Hyun-Mee menjadi saksi penandatangan tersebut. Nota kesepahaman tersebut menjadi dukungan dalam pembangunan saluran pembawa air baku Karian-Serpong (Karian-Serpong Water Conveyance) yang terhubung dengan Bendungan Karian. 

Desember 

Presiden RI Resmikan 4 Venue Gelora Bung Karno Jakarta 

Presiden RI Joko Widodo meresmikan empat venue olah raga di Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta, yaitu Lapangan Hockey, Lapangan Sepak Bola A/B/C, Lapangan Panahan, dan Stadion Renang Aquatic, Sabtu (02/12/2017). Turut hadir dalam peresmian tersebut antara lain, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi, Wakil Gubernur Sandiaga Uno, Kepala Staf Presiden Teten Masduki, Anggota Kadin Anindya Bakrie, dan Dirjen Cipta Karya Kementerian PUPR Sri Hartoyo serta Ketua Pelaksana Asian Games Erick Thohir.  

Kementerian PUPR Serahkan 7 Pos Lintas Batas Negara Senilai Rp 1 Triliun Kepada BNPP 

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Ditjen Cipta Karya, menyerahkan pemanfaatan 7 Pos Lintas Batas Negara (PLBN) kepada Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) senilai lebih dari Rp 944 miliar, di Kantor BNPP Jakarta, Rabu (27/12/2017). Ketujuh PLBN itu yakni PLBN Entikong, Badau, Skouw, Aruk, Motaain, Wini, dan Motamasin.