Slide 1

Berita Berita Inspektorat Jenderal > Internalisasi Penguatan Pengawasan Dalam Mendukung Reformasi Birokrasi Melalui Sosialisasi Pengendalian Gratifikasi


Senin, 13 November 2017, Dilihat 531 kali

Inspektorat Jenderal mengadakan kegiatan internalisasi penguatan pengawasan dalam mendukung reformasi birokrasi melalui sosialisasi pengendalian gratifikasi yang diselenggarakan di hotel Novotel, Balikpapan pada tanggal 9 November 2017. Kegiatan sosialisasi pengendalian gratifikasi ini dilakukan kepada para penyedia jasa di Provinsi Kalimantan Timur yang berjumlah sekitar 100 penyedia jasa. Acara ini berlangsung selama 1 hari dan dihadiri oleh pejabat di lingkungan Balai Pelaksanaan Jalan XII yaitu Kepala Balai Pelaksanaan Jalan XII, Timbul Pasaribu serta narasumber yang memberikan materi adalah Widiatmo Eko Putro dari Bagian Deputi Pencegahan Gratifikasi, Komisi Pemberantasan Korupsi. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pemahaman mengenai gratifikasi dan upaya-upaya nyata yang bersifat segera dalam mencegah terjadinya pelanggaran.

Inspektur Jenderal dalam sambutannya yang dibacakan oleh Ibu Sekretaris Inspektorat Jenderal, Ir. Netti Malmena, MM mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu bentuk pelaksanaan reformasi birokrasi dan tindak lanjut atas arahan dari Komisi Pemberantasan Korupsi dan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dalam rangka peningkatan penguatan pengawasan sebagai unsur pelaksanaan reformasi birokrasi. Kegiatan ini diharapkan dapat dijadikan sebagai sarana revolusi mental guna mewujudkan penyelenggaraan negara yang bersih dari Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme sehingga implementasi tata kelola pemerintahan yang baik dapat di wujudkan. Diinformasikan juga kepada para peserta bahwa Inspektorat Jenderal senantiasa berupaya meningkatkan fungsi pengawasan fungsional untuk mencegah dan menanggulangi pelanggaran pada proses pembangunan infrastruktur. Upaya tersebut salah satunya adalah dengan melakukan pendekatan melalui prinsip strategi pengawasan yang dibangun dengan memperkuat pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM).

Acara ditutup oleh Sekretaris Inspektorat Jenderal. Dalam penutupannya beliau mengharapkan setelah menghadiri kegiatan ini para penyedia jasa senantiasa tidak melakukan dan menolak gratifikasi. Kegiatan internalisasi ini akan terus dilakukan dibeberapa provinsi yang lainnya.  (endang & aldo)